enyakit crohn merupakan peradangan yang akan terjadi pada usus kecil dan juga pada usus besar. Gejala penyakit crohn pada setiap orang ini bisa muncul dengan secara berbeda, begitu pula dengan tingkat keparahannya. Ada beberapa orang melaporkan hanya mengalami gejala yang ringan saja, sementara yang lain akan mengungkapkan penyakit ini dapat melemahkan tubuh dan akan menghambat pada aktivitas. Penyakit Crohn ini dapat terjadi pada setiap golongan jenis kelamin dan juga usia, termasuk pada anak-anak. Namun, sebagian besar kasus yang terjadi pada orang-orang yang sudah berusia antara 16-30 tahun dan 60-80 tahun. Pada orang dewasa penyakit crohn ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Sementara pada anak-anak, akan lebih banyak anak laki-laki yang terkena penyakit ini dibandingkan anak perempuan.

Berikut ini ada Ciri Ciri Penyakit Crohn diantaranya yaitu :

  • Diare

Semua orang pasti pernah mengalami diare. Namun, diare karena penyakit crohn ini akan terasa lebih parah. Orang yang menderita penyakit crohn ini dapat mengalami diare mulai dari berhari-hari sampai beberapa bulan. Apabila Anda mengalami diare yang parah, kemungkinan besar peradangan akan terjadi pada sisi kanan usus besar. Sehingga penyakit crohn ini dapat menyebabkan otot saluran pencernaan akan berkontraksi dengan secara berlebihan sehingga dapat menimbulkan kram otot.

  • Feses Berdarah

Ciri ciri dari penyakit crohn yang umum yaitu fefes berdarah karena peradangan usus akan menyebabkan dinding usus akan menjadi terluka. Lambat laun, luka tersebut akan membentuk ulkus (bisul) pada jaringan perut yang dapat pecah berdarah. Sehingga kondisi ini dapat menandakan peradangan akan terjadi pada usus besar, rektum, atau sisi sebelah kiri usus kecil.

  • Nyeri Atau Kram Perut Yang Terasa Hebat

Selain diare, orang yang menderita penyakit Crohn yang memiliki gejala feses berdarah biasanya akan mengalami kesulitan untuk buang air besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri, kram dan kembung. Gejala yang satu ini terutama akan dirasakan pada orang-orang yang mengalami penyempitan dinding usus (striktur usus). 

bandar qq