Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan seksi 1 hingga 3 ruas Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, Senin, 13 Mei 2019. Ruas tol sepanjang 30,6 kilometer itu siap dioperasikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan, kemungkinan seksi 4 hingga 5 yang bisa dioperasikan jika telah selesai.

Dilaporkan laman resmi Sekretariat Kabinet, jalan Tol Pandaan-Malang total memiliki panjang, 38,488 kilometer. Saat ini, proses pembangunan seksi 4 sepanjang 4,8 kilometer telah mencapai 87 persen.

Pembangunan seksi 5 sepanjang 3,1 kilometer sempat tertunda pada pembangunannya karena ditemukannya situs budaya pra Majapahit.

Basuki menyebut, tarif tol ini belum diberlakukan di masa sosialisasi kepada masyarakat.

” Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019,” ujar dia.

Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto mengatakan, Tol Pandaan-Malang seksi 4 sepanjang 4,8 kilometer menuju Kota Malang rencananya dapat dibuka saat mudik Lebaran.

” Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis sebagian keluar di Singosari,” kata Sugiyartanto.