RENJANABERKATA.COM Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah Indonesia. Sebab, ada beberapa capaian yang hingga sampai saat ini belum tercapai.

“Bagaimana kemajuan kita, kemakmuran kita, keadilan kita, ekonomi kita sama majunya dengan negara negara lain. Kita ketinggalan di sini. Kita ketinggalan dengan Malaysia, dengan Thailand, dengan beberapa hal negara, apalagi negara-negara besar,” katanya saat ditemui di Kota Malang, Sabtu (6/4).

Wapres JK mengatakan, untuk mengejar ketertinggalan tersebut maka ada beberapa hal yang kini fokus dilakukan oleh pemerintah. Pertama adalah dengan menciptakan pemerintahan yang bersih, tegas dan sejumlah aturan-aturan yang mendukung.

Kemudian, kedua yakni dengan memanfaatkan teknologi serta ilmu yang dimiliki. Dan terakhir melalui kewirausahaan. “Di samping faktor-faktor lainnya, tapi kita harus satukan tiga hal ini, segitiga ini untuk maju,” imbuhnya.

“Sebab tidak ada negara maju tanpa teknologi yang baik, tanpa penguasaan, tidak ada negara maju tanpa kewirausahaan, tidak ada negara maju tanpa pemerintah yang baik apabila tiga tiganya baik, maka akan maju bangsa itu dan kita akan menuju kesitu,” pungkasnya.