bandar qq – Sudah pernah menonton film Split (2016) karya M. Night Shyamalan? Film itu menceritakan tentang seorang pria dengan 24 kepribadian. Apabila sudah pernah menotonnya, kamu pasti cukup mengerti bagaimana kehidupan orang dengan kepribadian ganda.

Gangguan kepribadian ini sering juga disebut dengan Gangguan Identitas Disosiatif (GID), yaitu gangguan kepribadian individu yang terpecah, sehingga muncul kepribadian yang lain. Masing-masing dari kepribadian yang dimilikinya memiliki sifat dan ingatan yang cukup spesifik dan berada di dalam satu tubuh yang sama.

Kepribadian ganda benar-benar perlu ditangani dengan tepat. Dilansir dari berbagai sumber, perhatikan 10 tanda di bawah ini yang menunjukkan bahwa seseorang dapat dikatakan memiliki kepribadian ganda!

1.Sering tidak sadar akan hal yang dilakukan

Ketidaksadaran ini bukan disebabkan oleh amnesia, melainkan karena memiliki kepribadian yang lebih dari satu. Identitas diri yang beragam membuat bingung dan lupa terhadap hal-hal yang dilakukan dengan identitas lainnya.

2. Tidak dapat mengingat waktu dengan jelas

Pemilik kepribadian ganda sering tidak menyadari waktu yang sedang berjalan. Mereka sering bingung tentang jam, hari, tanggal tertentu. Ini juga bukan karena amnesia

3. Merasa sakit ketika berpindah kepribadian

Seseorang dengan kepribadian ganda biasanya merasa sakit yang tanpa diketahui penyebabnya. Ini terjadi ketika proses pergantian kepribadian, biasanya sakit kepala hebat atau kelelahan.

4.Memiliki rasa trauma yang mendalam

Tidak sedikit orang yang memiliki kepribadian ganda akibat mengalami trauma sebelumnya, baik secara fisik maupun emosional. Gangguan kejiwaan ini muncul akibat ia tidak dapat menerima dirinya sendiri saat mengalami kejadian trauma tersebut, sehingga secara tidak sengaja timbullah karakter baru dalam dirinya.

5.Lupa identitas diri sendiri

Lambat laun, orang dengan kepribadian ganda tidak dapat menjelaskan identitas dirinya sendiri, bahkan tentang nama, usia, alamat, dan hal-hal lain tentang dirinya sendiri. Kejadian-kejadian yang dialaminya juga sering terlupakan padahal ada buktinya, misalnya ada luka fisik di tubuhnya.

6.Sering merasa paranoid

Rasa paranoid sering datang kepada pemilik kepribadian ganda secara tiba-tiba. Hal-hal yang sebenarnya biasa saja menurut orang lain, bisa dengan tiba-tiba membuat dirinya paranoid tanpa alasan yang jelas.

7.Memiliki kemampuan yang berubah-ubah

Orang dengan kepribadian ganda bisa terlihat ahli dalam banyak bidang. Setiap pribadi yang dimilikinya mempunyai kemampuan sendiri-sendiri.

Jadi setiap kali kepribadiannya berganti, kemampuannya berganti juga. Misalnya suatu saat ia ahli dalam memasak, namun ketika berganti kepribadian, ia sama sekali tidak mengerti tentang masak memasak.

8.Sering depresi dan tidak bahagia dengan diri sendiri

Perasaan ini pasti dimiliki oleh pemilik kepribadian ganda. Wajar saja, karena ia mengalami perubahan-perubahan dalam dirinya secara tiba-tiba dan terus menerus.

9.Sering mengalami perubahan emosi yang cepat

Orang berkepribadian ganda sering sekali mengalami perubahan emosi yang cepat. Saat ini bahagia, beberapa menit kemudian sedih tanpa alasan yang jelas. Emosi yang naik turun ini mungkin terjadi akibat pribadi lain dalam lainnya merasa sedih atau marah karena pribadi yang sedang dilakoni saat itu tidak melakukan hal yang tepat.

10.Sering mengalami halusinasi

Penderita kepribadian ganda sering mengalami halusinasi seperti penderita skizofrenia. Ia merasa terganggu dengan suara-suara tidak jelas yang tiba-tiba terdengar entah dari mana asalnya. Hal ini juga yang menyebabkan depresi.

Demikian 10 tanda bahwa seseorang memiliki kepribadian ganda. Isilah kehidupanmu dengan hal-hal positif untuk menjaga jiwamu agar tetap sehat. Segera lakukan antisipasi apabila mulai terjadi hal-hal buruk yang mengacu pada tanda-tanda di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here