Para traveler berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket pesawat murah untuk destinasi pilihan. Mulai ke Bali, Lombok, sampai Raja Ampat. Tak pelak, mereka rela antre berjam-jam diberbagai ‘travel fair’ yang diselenggarakan.

Padahal, kini ada beberapa fitur yang mampu mengingatkan para traveler supaya mendapatkan harga tiket pesawat sesuai budget dan menghemat waktu serta tenaga. Hal itu bisa dinikmati melalui fitur-fitur dari Traveloka. Apa saja fitur tersebut?

Flight Price Alerts  

Bisa dibilang fitur ini menjadi jawaban para traveler dalam mencari tiket pesawat murah. Pasalnya, fitur ini. pasalnya, Flight Price Alerts akan membantu kamu melalui pemberitahuan sesuai pengaturan melalui email atau push notification yang sudah ditetapkan.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu login ke Traveloka. Lalu klik My Account dan pilih Flight Price Alerts. Klik tanda + untuk menambahkan notifikasi harga tiket pesawat baru. Tak lupa, isi formulir penerbangan mulai dari bandara asal dan tujuan, tanggal keberangkatan. Kemudian masukkan juga batasan harga penerbangan.

Agar lebih mudah, pemberitahuan dapat diatur apakah setiap hari, seminggu sekali atau hanya saat harga tiket pesawat di bawah bujet yang sudah ditentukan. Lalu klik Save.

Jika sudah lengkap semua, kamu akan mendapat pemberitahuan jika ada tiket pesawat dengan harga sesuai budget-mu. Keren kan!

Web Check In

Tak hanya pemberitahuan harga tiket sesuai budget kamu. Traveloka juga memberikan solusi bagi kamu super sibuk dan butuh hal yang praktis yaitu Web Check-in. Dengan fitur itu kamu tak perlu khawatir lagi telat check-in karena prosesnya bisa langsung dilakukan lewat aplikasi Traveloka dan website-nya.

Namun, perlu diingat, prosesnya dapat kamu lakukan mulai 24 jam sebelum keberangkatan atau sesuai dengan kebijakan dan peraturan maskapai.

Untuk caranya, kamu mesti login akun Traveloka dan klik My Booking atau Online Check-in lalu buka e-ticket. Langkah selanjutnya isi detail data check-in dan pilih kursi yang diinginkan. Jika sudah selesai klik tombol Check-in.

Jika berhasil, boarding pass dapat langsung kamu lihat melalui e-ticket. Selain itu, boarding pass juga akan dikirimkan melalui email dan sekaligus bisa kamu unduh. Semakin praktis kan?

Flight Status

Selain kedua fitur tersebut, Traveloka juga mempunyai fitur Flight Status. Nah, kemudahan ini untuk menginformasikan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat seiring waktu.

Fitur ini jyga bermanfaat jika kamu sedang terbang dan keluarga bisa mengecek kamu tiba atau status penerbangan kamu. Jadi, tak perlu bolak-balik melihat papan status penerbangan.

Untuk mengetahuinya, caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu buka aplikasi Traveloka dan temukan fitur Flight Status pada homepage. Lalu, kamu isi rincian penerbangan dengan rute dan tanggal keberangkatan atau kode penerbangan. Klik see status, nantinya akan muncul daftar penerbangan yang sesuai dengan kriteria Anda.

Perlu diketahui, status penerbangan ini bisa dilihat melalui aplikasi Traveloka App versi 3,6 ke atas untuk Android dan iOs.