Perut buncit atau gendut bisa dialami kaum pria dan wanita juga anak-anak. Cara mudah mengatasi perut buncit dapat Anda lakukan dengan olah raga teratur, kurangi porsi makan, apalagi mengemil pada malam hari mendekati jam tidur kalori tidak akan digunakan dimana rata-rata orang tidak banyak beraktifitas saat itu.

Tips mengurangi perut gendut lainnya adalah hilangkan kebiasaan duduk berlama-lama, misal saat Anda mengerjakan tugas di kantor maupun di rumah. Selingi dengan aktivitas lain dan perhatikan posisi duduk (Ergonomi) Anda agar tidak terlalu condong kedepan. Hendaknya, Anda tidak langsung tidur setelah makan besar, makanan yang baru saja dimakan tidak akan tercerna secara baik.

Terakhir, hindari konsumsi minuman beralkohol. Mengapa? Selain dilarang agama yang saya anut, ternyata alkohol mengandung sejenis kalori dan gula seperti pada makanan berlemak, membuat kinerja hati tidak bisa menyaring dan menetralisir. Sehingga, zat gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu menjadi terlewat dan menumpuk menyebabkan perut buncit.

Aktivitas ini dengan mudah bisa Anda lakukan di rumah, murah karena tidak perlu keluar biaya untuk pergi ke tempat pusat kebugaran (gym) ataupun membeli perawatan pelangsing. Cukup Anda lakukan secara teratur dan penuh semangat.

1. Sikap Lilin

Sikap lilin merupakan gerakan olahraga yang dipercaya dapat mengecilkan perut jika dilakukan secara rutin dan teratur. Bagaimana cara melakukan gerakan olah raga ini? Pertama, baringkan tubuh anda di lantai, kemudian angkat kaki anda ke atas, hingga bagin perut anda terangkat.

Kemudian, tahan dengan kedua tangan, dan tahan beberapa saat. Selanjutnya, turunkan bagian perut angkat kembali beberapa kali dan seterusnya. Istilah lain dari sikap lain adalah viparita karani yang biasa dilakukan pada yoga.

2. Sit Up

Ternyata, gerakan Sit up dapat membantu mengecilkan perut buncit. Jika tidak mampu melakukan sendirian maka mintalah bantuan orang lain untuk menahan kaki Anda, selama Anda berusaha menarik tubuh ke depan. Sit up akan membuat otot pada perut semakin kencang dan mengurangi perut buncit sedikit demi sedikit.

3. Back Up

Gerakan back up ini kebalikan dari gerakan sit up. Lakukan sambil tengkurap dan menggerakan bagian atas tubuh ke atas dan ke bawah. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan kaki anda agar lebih mudah dalam melakukannya.

4. Gerakan seperti mengayuh sepeda (Bicycle Exercise)

Salah satu olahraga untuk mengecilkan perut adalah bersepeda, Tapi Anda tidak punya sepeda? Tak perlu khawatir, lakukanlah gerakan bicycle exercise.

Gerakannya cukup mudah yaitu baringkan tubuh Anda dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala Anda, kemudian angkat lutut ke dada sembari mengangkat kepala dengan pundak masih dalam keadaan menempel di lantai.

Pertemukan lutut kanan dengan sikut kiri dan begitu sebaliknya secara bergantian, layaknya seperti mengayuh sepeda.

5. Gerakan berbaring diatas bola karet besar (Ball Crunch)

Ball Crunch, olahraga yang dilakukan dengan menggunakan bola besar. Caranya yaitu dengan melakukan gerakan sit up diatas bola besar tersebut.

6. Vertical Leg Crunches

Olahraga ini hampir mirip dengan Ball Crunch dan Sit up, Angkat tinggi-tinggi kaki Anda selama menarik tubuh Anda ke depan. Pertama, berbaringlah dengan tangan di belakang kepala.

Lalu angkat kaki dan silangkan ke udara. Selanjutnya kepala dan pundak harus tetap menempel di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuh ke depan dan ulangi beberapa kali.

Melakukan Olah raga diluar rumah juga menjadi pilihan cara mengatasi perut buncit, Anda bisa jalan-jalan sore dan berlari kecil mengelilingi kompleks perumahan, menyempatkan bersama keluarga naik sepeda beriringan di hari libur Anda.

Selain sehat dan bugar, lemak dalam perut gendut Anda akan berkurang. Selamat tinggal perut buncit…. Semoga tips ini bermanfaat dan berhasil. Jangan lupa, bagikan pengalaman membaca Anda agar bermanfaat untuk semua orang.

bandar qq