Onbet789 – – Penantian panjang penggemar Star Wars perihal judul episode ke-9 akhirnya terjawab. The Rise of Skywalker adalah jawabannya, yang diumumkan oleh Walt Disney Pictures dan Lucasfilm lewat pemutaran trailer dalam perayaan Star Wars Celebration 2019 yang berlangsung Jumat (12/4).

Seperti biasanya, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari trailer terbaru Star Wars: Rise of Skywalker. Play Stop Rewatch menemukan, setidaknya, ada 14 bagian penting yang muncul sepanjang trailer berdurasi 2 menit tersebut.

Mari kita bahas bersama.

  • Rey sebagai Penentu Nasib Jedi

Trailer dibuka dengan adegan Rey berada di sebuah padang gurun, menanti datangnya seseorang. Tak lama kemudian, terdengar suara Luke Skywalker yang berkata, “Kami sudah mewariskan segala hal yang kami tahu. Sekarang, peninggalan dari ribuan generasi hidup bersamamu.”

Dari dialog yang terdengar, kita bisa asumsikan bahwa Luke berhasil bertahan hidup sebagai force ghost, sama seperti Obi Wan, Yoda, Qui Gon Jin, serta Anakin Skywalker. Selain itu, patut diduga juga bahwa Luke dan para force ghost yang lain menyiapkan Rey sebagai pendiri generasi terbaru Jedi, usai generasi sebelumnya musnah di tangan Kylo Ren atau Ben Solo.

  • Rey Memiliki Lightsaber Baru

Sebagaimana yang terjadi di Star Wars: The Last Jedi, lightsaber yang diwariskan Luke kepada Rey rusak dalam pertarungannya dengan Kylo Ren. Lightsaber-nya terbelah dua, ketika Rey dan Kylo beradu Force untuk memperebutkan lightsaber tersebut.

Dalam trailer film Star Wars: The Rise of Skywalker, Rey tampak sudah memiliki lightsaber baru. Dilihat dari desainnya, sepertinya Rey mempertahankan desain lightsaber milik Luke dan kalau pun ada perubahan, tidak bersifat signifikan.

Kehadiran lightsaber baru juga menandakan selesainya pendidikan Jedi yang dijalani Rey. Dalam berbagai kisah Star Wars, pembuatan lightsaber merupakan bagian dari ‘ujian kelulusan’ seseorang untuk mulai menjadi Jedi.

Patut diketahui, membuat lightsaber bukan perkara gampang. Sebab, calon Jedi harus memanfaatkan kekuatan Force yang ia miliki untuk memanipulasi kyber crystal, bahan baku lightsaber.

  • Rey Berada di Tatooine?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Rey berada di sebuah padang pasir ketika trailer dimulai. Padang pasir itu terlihat sepi tanpa satu pun penampakan droid, reruntuhan pesawat, ataupun scavenger.

Sepanjang kisah Star Wars di layar perak, hanya ada tiga planet yang diketahui memiliki setting padang pasir. Ketiga planet itu adalah Tatooine, Jedha, dan Jakku. Mengingat Jedha telah hancur di Rogue One dan Jakku penuh dengan reruntuhan pesawat First Order dan the Empire, maka bisa jadi Rey berada di Tatooine.

  • Rey sebagai Jedi Pertama yang Memakai Lightsaber dan Blaster

Sebagai generasi Jedi terbaru, tidak menutup kemungkinan Rey mengubah tradisi Jedi yang ada selama ini. Trailer film Star Wars: Rise of Skywalker memberi petunjuk akan hal tersebut, di mana Rey tidak hanya memiliki lightsaber sebagai senjatanya, tetapi juga blaster yang diberikan oleh Han Solo.

Pada film-film sebelumnya, nyaris semua Jedi hanya memiliki lightsaber dan baru memakai blaster ketika terdesak. Blaster itu pun, biasanya, mengambil milik orang lain yang kebetulan berada di medan pertarungan yang sama.

  • Rey vs Kylo Ren

Trailer Star Wars: Rise of Skywalker menunjukkan bahwa Kylo Ren-lah sosok yang dinanti Rey di padang pasir. Hal itu bisa dilihat dari wujud pesawat tempur TIE Interceptor yang hanya dimiliki oleh Kylo Ren. Dengan pesawat tersebut, Kylo mencoba menabrak Rey, tetapi Rey untungnya bisa berakrobat untuk menghindarinya.

Pada Star Wars: The Last Jedi, Kylo Ren dikisahkan memiliki perhatian dan perasaan khusus terhadap Rey. Namun, segalanya berubah ketika Rey menolak untuk bergabung dengan Kylo untuk menjadi penganut The Dark Side.

  • Planet Baru

Film Star Wars baru selalu memperkenalkan planet baru yang belum pernah diperlihatkan atau disinggung pada film sebelumnya. Dalam trailer Star Wars: The Rise of Skywalker, tampak pesawat tempur A-Wing milik The Resistance berkunjung ke sebuah planet baru yang penuh dengan tebing dan perbukitan.

  • Kylo Ren Membantai The Resistance

Adegan selanjutnya menunjukkan aksi Kylo Ren membantai pasukan The Resistance bersama unit Storm Trooper yang ia pimpin. Dari penampilan lokasinya, Kylo Ren melakukan pembantaian tersebut di sebuah hutan yang memiliki warna kemerahan di sekelilingnya.

Onbet789, hingga saat ini, belum mendapatkan informasi nama dari hutan tersebut.

  • Kylo Ren Memperbaiki Topengnya

Pada film Star Wars: The Last Jedi, Kylo Ren merusak topeng yang ia pakai sepanjang film Star Wars: The Force Awakens. Topeng tersebut ia rusak saat menyadari dirinya masih memiliki keraguan untuk sepenuhnya menjadi penganut The Dark Side of The Force.

Tampaknya, topeng tersebut akan muncul lagi di film Star Wars: The Rise of Skywalker. Trailer film menunjukkan ada seseorang yang memperbaiki topeng Kylo Ren yang rusak parah itu.

  • Kembalinya Finn dan Poe

Trailer the Rise of Skywalker tak hanya menunjukkan kembalinya Rey dan Kylo, tetapi juga Finn dan Poe Dameron. Keduanya tampak berada di padang pasir yang sama dengan Rey dan Kylo Ren.

  • BB8 dan D-0

BB8 akan memiliki partner baru berupa droid kecil bernama D-0. Berbeda dengan BB8 ataupun R2D2, D-0 memiliki wujud yang jauh lebih kecil dengan roda menjadi sebagian besar tubuhnya.

  • Lando Calrissian dan Millenium Falcon

Wajah lama film Star Wars yang muncul kembali adalah Lando Calrissian. Ia kembali menunggangi pesawat Millenium Falcon. Sebagaimana diceritakan di film Solo, Millenium Falcon sesungguhnya adalah pesawat Lando yang jatuh ke tangan Han Solo gara-gara dirinya kalah berjudi.

Melihat trilogi terbaru Star Wars ‘membunuh’ satu per satu figur dari original trilogy, sebaiknya penonton siap-siap kehilangan Lando di Star Wars: The Rise of Skywalker.

  • Aksi Kejar-kejaran First Order dan The Resistance

Salah satu bagian trailer menunjukkan Poe dan Finn ‘kucing-kucingan’ dengan pasukan First Order yang mengejar mereka dengan jetpack. Adapun, Finn dan Poe hanya bermodal skiff (speeder yang menyerupai motor boat) rongsokan.

  • Leia Mengenang Han Solo

Di sela-sela adegan aksi, trailer film ke-9 ini juga memiliki adegan emosional. General Leia terlihat mengenang mendiang suaminya, Han Solo, yang tewas di tangan anak mereka sendiri, yaitu Ben Solo alias Kylo Ren.

Leia mengenang Han Solo dengan melihat medal penghargaan yang ia berikan kepadanya di penutup Star Wars Episode IV: A New Hope. Adapun Han mendapat penghargaan tersebut dari Leia karena berhasil membantu Luke menghancurkan Death Star.

Pada adegan berikutnya, tampak Rey mencoba menghibur Leia dengan memeluknya. Di saat adegan pelukan itu ditampilkan, terdengar suara Luke yang berkata, “Kami akan selalu menjagamu.” Hal itu seolah memberi kesan bahwa pengaruh para tokoh yang telah tiada akan selalu hadir di kisah Star Wars.

  • Rey, Finn, dan Poe Menemukan Reruntuhan Death Star

Walaupun Death Star II berhasil dihancurkan oleh pasukan Rebel Alliance di Star Wars Episode VI: Return of The Jedi, bukan berarti tidak ada sisa dari senjata pemusnah masal buatan The Empire tersebut. Buktinya, di trailer Star Wars: The Rise of Skywalker, Rey dan kawan-kawan menemukan reruntuhan besar Death Star II di Forest Moon of Endor.

Sebagaimana dikisahkan di Star Wars: Return of The Jedi, Death Star II dibangun tepat di atas lokasi Forest Moon of Endor. Selain itu, salah satu sistem pertahanannya juga dibangun di sana yang membuat pasukan Rebel Alliance menyerangnya habis-habisan agar Lando memiliki akses untuk merusak Death Star II.

  • Kembalinya Palpatine

Trailer ditutup dengan tawa Emperor Palpatine yang kita kira telah tewas di tangan Anakin Skywalker alias Darth Vader di Star Wars: Return of The Jedi.

Belum diketahui bagaimana Palpatine bisa kembali dari kematian di Star Wars: The Rise of Skywalker nanti. Namun, jika kalian memerhatikan kisah Star Wars Episode III: Revenge of The Sith, Palpatine pernah menjelaskan kepada Anakin bahwa seorang Sith bernama Darth Plagueis berhasil menemukan cara untuk mencurangi kematian dengan memanipulasi midichlorians, sumber dari The Force.

Pada komik dan novel Star Wars Expanded Universe, yang tak lagi dianggap kanonikal, Palpatine memang beberapa kali berhasil bertahan hidup dengan merasuki klon yang ia ciptakan untuk dirinya.

Penulis: Editor2