yandex
Bacaan Umum

Saran Untuk Sepak Bola Indonesia

Saran Vietnam agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik
gambar vietnam bs indonesia

Timnas Indonesia Vs Vietnam 1-3

Sepak Bola Indonesia - Ketiga gol Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, datang secara beruntun dan dicetak oleh Do Duy Manh (26'), penalti Que Ngoc Hai (55'), serta Nguyen Tien Linh (61'). Timnas Indonesia hanya bisa mencetak gol penghibur dari Irfan Bachdim (84'). Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini lewat sontekan jarak dekat bek Do Duy Manh pada menit ke-26.

Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Kapten Yanto Mencoba Menghalau Bola

Vietnam mendapatkan sepak pojok dan memenangkan bola sundulan di tiang dekat serta tiang jauh. Kapten Yanto Basna mencoba menghalau bola di depan gawang tetapi sapuannya tak sempurna sehingga dimanfaatkan bek Thailand tersebut.Pada babak pertama, permainan Vietnam secara umum memang lebih tenang dan terukur ketimbang skuad Garuda.Evan Dimas cs kerap kehilangan bola dalam melakukan transisi serangan, terutama setelah memasuki paruh lapangan lawan.

Saran Vietnam agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik
gambar timnas indonesia

Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Timnas Indonesia Kebobolan Gol

Kali ini, Yanto Basna melakukan tekel liar ke pemain Vietnam, Do Hung Dung, yang menusuk ke kotak penalti setelah mengelabui dua pemain. Kapten tim, Que Ngoc Hai, pun maju dan mengeksekusi penalti dengan baik, menendang ke kiri sementara kiper Muhammad Ridho bergerak ke kanan.

Pada fase pertandingan ini, pelatih Simon McMenemy menarik keluar Saddil Ramdhani dan memasukkan Wawan Febrianto. Timnas Indonesia lalu kebobolan gol ketiga pada menit ke-61.Penyerang lawan, Nguyen Tien Linh, lolos dari penjagaan para bek tengah serta mempunyai banyak ruang dan waktu untuk menaklukkan Ridho dari jarak dekat. Skor 0-3 membuat permainan timnas tambah lemas.Setidaknya, kesempatan besar laga berikut datang ke anak-anak timnas.

Saran Vietnam agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik
gambar peluang timnas

Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Kebuntuan Timnas Indonesia

Kebuntuan bagi Timnas Indonesia berakhir pada menit ke-84. Tusukan Riko Simanjuntak terlalu panas untuk dihentikan barisan belakang Vietnam. Kendati gagal melepas tembakan, ia menarik tiga bek lawan ke dirinya. Sembari terjatuh, pemain Persija ini melepas operan pendek bagi Irfan Bachdim yang tak terjaga. Kontak kaki kirinya dengan bola tak terlalu bagus tetapi penyerang Bali United ini bisa menjebol gawang Dang Van Lam di kandangnya sendiri.

Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Gol Pertama Irfan Bachdim Untuk Timnas Indonesia

Ini merupakan gol pertama Irfan Bachdim bagi Timnas Indonesia sejak menghadapi Kamboja pada Juni 2017. Sayang, timnas Indonesia kembali kebobolan beberapa menit kemudian setelah pemain debutan, Otavio Dutra, ceroboh dalam bertahan dan membuat jatuh Nguyen Quang Hai. Pemain yang baru dinaturalisasi ini pun harus mendapat kartu kuning. Namun, Muhammad Ridho berhasil mencegah penalti yang ditendang Do Hung Dung dengan tepat menebak arah bola.

Saran Vietnam agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik
gambar pelatih bietnam
Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Saran Dari Menurut Quoc Tuan

Laga Indonesia vs Vietnam di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G berhasil dimenangkan oleh tim tamu dengan skor 1-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (15/10/2019). Hasil ini membuat tim besutan Simon McMenemy mengalami empat kekalahan beruntun di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Wakil federasi sepak bola Vietnam Tran Quoc Tuan memberikan saran agar sepak bola Indonesia lebaik baik.

Menurut Quoc Tuan, federasi sepak bola Indonesia fokus memperbaiki kualitas timnas dengan menyelaraskan terkait jadwal kompetisi. “Pihak federasi harus duduk bersama antara operator dan klub. Mereka (PSSI) harus menemukan solusi terbaik terkait jadwal agar timnas mempunyai waktu untuk menjalani latihan,” kata Tran Quoc seperti dikutip Football5star.com dari antaranews, Rabu (16/10/2019).

Saran Vietnam Agar Sepak Bola Indonesia Lebih Baik - Setiap Negara Selalu Menemui Masalah Serupa

Akan tetapi, menurut Quoc Tuan memaklumi mengapa PSSI dan operator liga jadi polemik di Indoensia. Menurutnya setiap negara selalu menemui masalah serupa terkait jadwal liga dan timnas. “Hal itu memang sulit. Hampir di setiap negara dapat ditemukan masalah yang diakibatkan benturan jadwal antara timnas dan liga,'” tambahnya. Terkait masalah jadwal liga memang jadi sorotan. Sejumlah pengamat sepak bola Indonesia juga mengutarakan bahwa jadwal liga cukup mengganggu persiapan timnas Indonesia.

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button