Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa diderita siapa saja. Baik bayi yang baru lahir, hingga manula bisa memiliki kelainan jantung, ataupun masalah pada jantung. Padahal jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai pemompa darah agar bisa mendistribusikan oksigen dan zat makanan yang dibutuhkan ke seluruh tubuh. Dengan kata lain, jika jantung mengalami masalah, maka bisa berakibat sangat fatal karena semua organ tubuh dapat kekurangan oksigen termasuk otak. Jika otak sampai mengalami kekurangan oksigen, maka akibatnya bisa sangat fatal, bahkan penderita bisa meninggal mendadak.
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh banyak faktor yang diklasifikasikan menjadi 2 kategori utama, yaitu faktor kelainan dan faktor penyakit. Faktor kelainan biasanya dialami sejak dalam kandungan, seperti kebocoran katup jantung ataupun pembentukan jantung yang kurang sempurna. Kelainan sejak lahir ini bisa menjadi penyakit jantung yang diderita hingga dewasa. Selain penyakit akibat kelainan jantung, penyakit jantung lainnya juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.
Lalu bagaimana jika seseorang sudah memiliki penyakit jantung? Apa yang harus dilakukan agar bisa sembuh atau meminimalisasi gejala yang ditimbulkan? Untuk menangani penyakit jantung, Anda harus tahu benar apa yang menyebabkan penyakit jantung tersebut. Berikut ini adalah beberapa penanganan penyakit jantung yang dibedakan dari penyebab dan sifat penyakit jantung itu sendiri.


1. Penyakit Akibat Kelainan Jantung
Ada banyak jenis kelainan pada jantung seperti lemahnya otot jantung, kebocoran katup jantung dan sebagainya. Dari kelainan jantung ini, yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya adalah terus berkonsultasi dengan dokter dalam upaya menemukan jenis pengobatan yang bisa dilakukan baik dengan jalan operasi, maupun perawatan. Selain itu, usahakan agar jantung tidak bekerja terlalu keras karena umumnya mereka yang memiliki kelainan jantung akan menyebabkan jantung lemah sehingga kelelahan sedikit saja bisa berakibat fatal.


2. Penyakit Jantung Akibat Gaya Hidup
Penyakit jantung akibat gaya hidup sekarang ini memiliki jumlah penderita yang terus bertambah. Yang paling banyak menjadi penyebabnya adalah darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga kadar gula tinggi dalam darah. Semua itu menyebabkan jantung perlu memompa darah di pembuluh dengan lebih kuat. Bahkan karena tebalnya penyumbatan di pembuluh darah akibat lemak atau kolesterol, serangan jantung bisa terjadi secara mendadak. Untuk menangani penyakit jantung akibat gaya hidup ini, adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Contohnya adalah melakukan olahraga rutin untuk melunturkan lemak penyebab obesitas dan kolesterol jahat. Selain itu, konsumsi makanan rendah garam dan minyak untuk mencegah darah tinggi dan adanya kristal di dalam pembuluh darah.


3. Penyakit Jantung Akibat Obat
Memiliki riwayat penyakit tertentu kemudian mengonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi penyebab sakit jantung. Umumnya sakit jantung ini akan terdeteksi setelah lama menggunakan obat tersebut. Contoh obat yang dapat menyebabkan penyakit pada jantung adalah obat ginjal dan kombinasi antara satu obat dan lainnya yang kurang tepat.
Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dimulai dari kebiasaan kecil di tengah-tengah keluarga. Biasakan Anda dan keluarga untuk melakukan olahraga ringan setiap harinya untuk melatih otot jantung dan ketahanan jantung dalam bekerja. Selain itu, jaga konsumsi makanan agar selalu mengandung nutrisi yang tepat dan seimbang dan yang paling penting adalah minim garam.

bandar qq