Bunyi pada lutut ketika digerakan biasa disebut dengan krepitasi lutut. Secara umum, anda tidak perlu mengkhawatirkan dari kondisi lutut berbunyi ini. Karena, lutut berbunyi sendiri adalah merupakan hal yang normal jikalau tidak disertai dengan nyeri, bengkak, atau radang.
#agenbola #agensbobet #agenpoker #agencasino bandar qq

Akan tetapi, jika lutut berbunyi yang disertai dengan nyeri, bengkak, atau radang, serta kemerahan, kemungkinan ada penyakit medis tertentu yang mendasarinnya misalnya osteoarthritis. Sendi lutut sendiri terdiri atas ujung tulang paha, pangkal tulang kering dan juga betis, tempurung lutut, cairan sendi atau sinovial, tulang rawan, dan ligamen penyambung tulang.

Namun, kebanyakan orang juga banyak yang mengalami bunyi pada lutut mereka ketika jongkok. Hal tersebut biasanya mengkhawatirkan bunyi pada lutut jika hal itu tidak berhubungan dengan rasa sakit atau pun nyeri.

Penyebab Lutut Berbunyi

– Kondisi medis tertentu, rheumatoid arthritis, osteofit, pasca trauma lutut, disfungsi tempurung lutut, dan osteoarthritis.
– Ligamen penyambung tulang mengalami penegangan ketika ditekan.
– Terlepasnya udara yang terperangkap dalam cairan sendi secara tiba-tiba.
– Pertambahan usia karena jaringan tulang rawan menjadi tidak rata dan menimbulkan bunyi ketika tertekan dan juga bergesakan.

Dikutip dari situs WebMD, timbulnya bunyi yang terjadi pada lutut dapat disebabkan karena dengan semakin bertambahnya usia, suatu jaringan yang melapisi tulang ( tulang rawan ), dapat tumbuh di tempat yang tidak biasa. Pada saat anda jongkok atau berdiri, suara tersebut berasal dari gesekan antara permukaan kasar yang saling bersilangan.

Kebanyakan orang yang sudah memasuki usia lebih dari 40 tahun mengeluhkan adanya bunyi “krek” pada lutut mereka, suatu kondisi yang di dalam dunia medis dikenal dengan nama krepitasi lutut.

Waspadai Penyebab Lutut Berbunyi Saat Jongkok

Dikutip dari Detik.com dari pemaparan dokter Benedictus Megaputera, SpOT menjelaskan bahwa, bunyi pada lutut yang tidak disertai rasa sakit biasanya akan disebabkan karena gelembung udara di dalam sendi, regangan ligamen maupun tendon. Namun, jika disertai dengan rasa sakit, hal tersebut tentu saja akan dipicu karena cedera ligamen, meniscus atau radang sendi ( arthritis ).

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Arthritis Care & Research yang memfokuskan diri pada kesehatan jangka panjang dan lutut yang berbunyi terhadap hampir sebanyak 3500 sukarelawan dalam Osteoarthritis Initiative yang masih berlangung.

Penelitian ini, seperti yang dilansir dari The New York Times, dilakukan terhadap ribuan orang dewasa yang mempunyai risiko terkena arthritis karena usia, massa tubuh dan juga faktor lainnya. Hasil dari penelitian tersebut kebanyakan lutut mereka tidak memburuk secara signifikan, terutama setelah tahun pertama. Akan tetapi, terdapat sekitar 18% yang akhirnya menunjukan kecenderungan arthritis, berdasarkan tingkat kesakitan dan hasil dari pemeriksaan sinar X.

Akan tetapi, para ahli dan peneliti masih juga belum mencapai kata sepakat apakah timbulnya krepitasi lutut juga merupakan tanda-tanda awal terjadinya radang sendi atau arthritis. Dengan memburuknya kondisi dari tulang dan tulang rawan secara lambat namun tetap.

Untunganya masih terdapat kabar baik bagi penderita krepitasi adalah menurut dokter Lo mengindikasikan bahwa arthritis akan segera terjadi, maka dapat dilakukan penanganan secara dini. Cara pencegahan yang paling disarankan untuk penderita nyeri lutut atau lutut berbunyi adalah dengan menurunkan berat badan dan berolahraga secara sering sehingga menghasilkan perlambatan pertumbuhan penyakit ini.

Cara Mengatasi Lutut Berbunyi

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi lutut berbunyi yang anda derita, diantaranya :
– Menggunakan pelindung di saat berolahraga,
– Mengurangi olahraga fitness yang terlalu berat pada lutut,
– Menghindari membebani lutut,
– Menurunkan berat badan apabila perlu dan jaga berat badan secara ideal,
– Memakai sepatu yang nyaman ketika beraktivitas,
– Melakukan olahraga secara rutin yang dapat memperkuat sendi lutut dengan didampingi oleh infrastruktur,
– Mandi dengan air hangat,
– Jika disertai dengan nyeri, diperlukan obat anti nyeri tropikal atau oles dan anti nyeri.

Jika kondisi dari lutut berbunyi yang anda alami sudah sangat mengganggu yang disertai nyeri, bengkak, atau demam sebaiknya segera melakukan konsultasi atau pengobatan dengan cara yang benar dan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here