Diabetes merupakan kondisi yang menyebabkan peningkatan gula darah secara luar biasa pada tubuh. Sebagai penyakit, diabetes tidak bisa diobati sehingga seseorang harus terus hidup bersama penyakit ini.

Diabetes hanya dapat dikendalikan dengan gaya hidup yang sehat. penderita diabetes haruslah mengatur pola makan dengan baik agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Selain membuat lonjakan gula darah, diabetes juga bisa memicu munculnya beragam penyakit berbahaya lainnya. Salah satu yang paling khas adalah penyakit mata yang disebut dengan retinopati diabetik.

“Saat kadar gula darah seseorang meningkat, maka akan terjadi perubahan sistem peredaran darah di retina. Biasanya arteri darah jadi mudah rusak dan bocor sehingga membuat penglihatan terganggu,” tulis penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

Selain gangguan tersebut, berikut adalah beberapa penyakit lainnya yang timbul karena diabetes.

Sakit ginjal
Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari beragam racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga limbah ini bisa dikeluarkan melalui kencing. Namun penyakit diabetes membuat ginjal menyaring darah dalam jumlah lebih. Dan dalam keadaan yang parah bisa membuat penderita diabetes menjalani proses transplantasi ginjal karena ginjal yang bekerja terlalu keras.

Penyakit jantung
Diabetes sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Hal ini terjadi karena kadar gula berlebih bisa merusak pembuluh darah dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga pasokan darah ke seluruh tubuh tidak maksimal.

Gangguan saraf
Karena darah tidak bisa terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh, maka penderita diabetes cenderung akan terkena gangguan saraf atau neuropati.

bandar qq