Ritual pemakaman Afrika Barat semakin banyak yang menampilkan para pembawa peti yang menari di salah satu bagiannya. Namun, penampilan para pembawa peti di salah satu upacara pemakaman di Ghana berakhir dengan bencana saat jasad almarhum terlempar keluar dari peti dan jatu ke tanah di depan kerabat yang datang ke pemakaman.

Dalam sebuah video yang dibagikan melalui daring, sekelompok penggotong peti jenazah di sebuah pemakaman di Ghana yang tak bisa menjaga peti mati yang mereka gotong saat menari menjatuhkan jasad almarhum ke tanah di depan para pelayat. Teman-teman dan anggota keluarga almarhum hanya bisa melihat dengan ngeri.

Para penggotong peti sendiri terlihat hanya bisa melemparkan tangan mereka ke udara dengan putus asa karena kecerobohan mereka.

Ada pegangan di kedua sisi peti mati karena suatu alasan, silakan gunakan … “tulis John McCoy Hassell seorang warganet yang menyaksikan video itu di YouTube sebagaimana dilansir, Selasa (7/5/2019).

Pengusung jenazah yang menari telah menjadi tradisi yang populer di Afrika Barat, khususnya di Ghana, di mana penari pemakaman yang terampil bisa memperoleh bayatan yang tinggi untuk pekerjaan mereka yang memberikan tarian perpisahan pada almarhum. Kebanyakan para pengusung jenazah itu menari mengikuti lagu-lagu populer setempat seperti yang terdengar dalam video.

Namun, tradisi itu mungkin akan hilang setelah kejadian mengerikan seperti yang terekam dalam video.