Ada-ada saja, pasien RSJ Solo Makin Kecanduan Ponsel
Rumah Sakit Jiwa Solo

Masuk RSJ Akibat Kecanduan Ponsel

Baru-baru saja terjadi di daerah bandung barat beberapa anak yang mengalami kecanduan ponsel dan game menyebabkan dirinya harus dilarikan ke RSJ setempat, Biar bagaimanapun gadget merupakan salah satu hal yang mengandung unsur positif dan negatif sehingga dalam menggunakan gadget kita haruslah sangat cerdas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Sebelumnya, Rusah Sakit Jiwa yang berada di Provinsi Jawa Barat ini memberikan informasi bahwa ternyata terdapat belasan pasien anak yang ditangani setiap bulan dalam satu tahun terakhir ini, usia pasien rata-rata berumur 10 tahun sampai dengan 16 tahun, total selama satu tahun terakhir terdapat ratusan anak yang di rawat karena kecanduan gadget.

Ada-ada saja, pasien RSJ Solo Makin Kecanduan Ponsel
Remaja Mengalami Kecanduan Ponsel

Meningkatnya Jumlah Pasien

Selain di Bandung Barat, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta juga menerima pasien yang mengalami kecanduan ponsel, dr Arif Zainudin selaku dokter yang menangani pasien-pasien tersebut menyatakan bahwa tahun ini jumlah pasien yang mengalami kecanduan ponsel tersebut semakin meningkat.

Ibu Aliyah Himawati selaku kepala instalasi kesehatan jiwa anak remaja di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta tersebut mengatakan bahwa fenomena tersebut sudah terjadi sejak tiga tahun yang lalu, namun sampai saat ini ternyata fenomena tersebut semakin marak.

Baca Juga Artikel Menarik Lain nya : 6 Kata–Kata Mutiara Semangat Hidup

Pasien Kecanduan Ponsel Sampai Gangguan Jiwa

Fenomena pasien yang mengalami gangguan jiwa sudah terjadi sejak tiga tahun yang lalu, namun tidak sebanyak tahun ini. Sejak satu tahun belakangan ini terdapat sekitar 1 sampai 3 orang anak yang mengalami kecanduan gadget dan melakukan pengobatan setiap hari nya

Kondisi gangguan kejiwaan yang dialami para pasien berbeda – beda. Ada pasien yang cukup parah karena sampai lupa dengan orang tua nya bahkan hingga memukul orang tua nya, banyak anak yang tidak menganggap orang tua nya bahkan sampai ada anak yang mengaku bahwa dia turun dari langit karena isi pikiran dari anak tersebut adalah khayalan dari game yang biasa dimainkan.

Ada-ada saja, pasien RSJ Solo Makin Kecanduan Ponsel
Anak Mengalami Kecanduan Ponsel

Penyebab Gangguan Jiwa Dari Kecanduan Ponsel

Salah satu yang menjadi faktor utama pasien mengalami gangguan kejiwaan adalah karena ia memainkan game secara terus menerus pada ponsel nya sehingga membuatnya terbiasa dan kecanduan, kecanduan yang dialami mengakibatkan mereka tidak mau makan bahkan sampai tidak mau sekolah. walaupun masih ada beberapa anak yang tetap masuk sekolah namun pikiran mereka tetap saja tidak berada di sekolah.

Beberapa anak yang tetap bersekolah memang memiliki pikiran diluar sekolah atau biasa nya mereka ke sekolah namun merasakan perasaan gelisah karena berharap dapat pulang sekolah dengan cepat agar bisa kembali memainkan game, hal tersebutlah yang menjadi kebiasaan buruk bagi para anak.

Pasien Mengalami Gangguan Jiwa

Beberapa pasien yang harus menjalankan rawat inap tersebut ialah remaja yang masih bersekolah di tingkat SMP dan SMA, mereka membutuhkan perawatan sekitar 4 minggu, Penanganan pasien kecanduan ponsel ini dilakukan sesuai dengan gejala masing-masing yang di alami pasien.

Sedangkan terdapat juga beberapa pasien yang tidak terlalu parah sehingga cukup dengan menjalankan rawat jalan secara rutin, untuk pasien yang rawat jalan akan di evaluasi dua minggu sekali dan diberikan batasan untuk memegang gadget, batasan yang diberikan terhadap pasien berupa 2 jam dalam sehari. artinya pasien hanya boleh memainkan ponsel selama 2 jam dalam 1 hari.

Ada-ada saja, 1 pasien RSJ Solo Makin Kecanduan Ponsel
Balita Mengenal Gadget

Upaya Pencegahan Kecanduan Ponsel

Dokter Rumah Sakit Jiwa Daerah ini memberikan solusi untuk pencegahan kecanduan ponsel, untuk langkah pencegahannya dokter menghimbau kepada orang tua agar dapat menjauhkan ponsel dari anak sejak dini dan tidak mengenalkan gadget ketika usia anak masih terlalu dini.

Karena pasien yang mengalami kecanduan ponsel awalnya memang di akibatkan oleh orang tua yang salah dalam melakukan pola asuh anak, beberapa orang tua sengaja mengenalkan gadget kepada anaknya agar anak nya dapat duduk diam dan tenang, biasanya balita yang tidak mau makan pun diberikan tontonan youtube oleh orang tua nya agar anak mau makan, hal-hal tersebutlah yang nantinya menjadi kebiasaan bagi sang anak dan menjadi pemicu kecanduan ponsel bagi anak sejak usia dini.