Ketika memutuskan untuk menikah kita pasti ingin bisa bahagia selamanya. Memang tak bisa dipungkiri bahwa mustahil sebuah pernikahan akan selalu bebas dari masalah, tapi solusi dan jalan keluar pasti bisa diusahakan bila ingin hubungan bisa tetap langgeng. Kita pun perlu lebih peka dengan berbagai persoalan yang bisa membahayakan pernikahan.

Lesli M. W. Doares, seorang konselor pernikahan dan penulis Blueprint for a Lasting Marriage: How to Create Your Happily Ever After With More Intention, Less Work, seperti yang dilansir dari rd.com mengungkapkan beberapa tanda pernikahan yang susah langgeng. Yuk, coba kenali tanda-tandanya dan cek apakah ada tanda-tanda tersebut ada dalam pernikahan kita. Bila ingin mengusahakan hubungan tetap harmonis dan langgeng, sebisa mungkin hindari hal-hal ini ya.

1. Tidak Ada Respek Satu Sama Lain

Saling menyalahkan dan selalu mengkritik tanpa solusi hanya akan merusak keharmonisan yang ada. Tak ada respek atau rasa saling menghargai satu sama lain hanya akan membuat hubungan hambar. Bahkan muncul “jurang” di pernikahan yang bisa berakhir pada perpisahan.

2. Selalu Bertengkar karena Masalah Uang

Hampir setiap pasangan bertengkar karena masalah keuangan. Kebiasaan menghabiskan uang atau masalah kekurangan uang untuk kepentingan tertentu bisa menjadi hal yang problematis. Bonnie Winston seorang pakar hubungan mengungkapkan bahwa pencari nafkah utama sebaiknya tak jadi satu-satunya orang yang mengatur keuangan. Akan lebih baik bila setiap masalah dan keputusan dalam hal keuangan selalu dibicarakan bersama.

3. Sering Mengulang Perdebatan karena Masalah yang Sama

Lagi-lagi berdebat karena masalah yang itu-itu lagi. Perdebatan selalu terulang setiap saat. Masalah yang sama terus diulang dan dibahas. Tak ada jalan keluarnya. Menurut The Gottman Institute, konflik yang terulang dalam hubungan menandakan ada perbedaan gaya hidup dan kepribadian. Marni Feuerman, psikoterapis berlisensi di Boca Raton, Florida pun memaparkan bahwa masalah ini bisa mengarah pada perceraian bila perdebatan makin parah, saling diam, atau saling menyalahkan.

4. Selalu Mengkritik Secara Berlebihan

Bila kita bersama pasangan yang selalu mengkritik, ini bisa jadi pertanda kita berada dalam hubungan yang beracun. Bahkan kita perlu mempertanyakan alasan kenapa kita masih bertahan dengannya. Semakin keras kita memaksakan diri bertahan dengan pasangan yang selalu mengkritik, semakin besar risiko hubungan akan berakhir.

5. Tak Pernah Tertawa Bersama

Pasangan yang “sehat” akan tertawa bersama. Tawa bisa jadi elemen kedekatan yang penting. Saat pasangan bisa tertawa bersama, mereka sebenarnya sedang berbagi kebahagiaan dan rasa saling memahami satu sama lain. Bersenang-senang bersama akan selalu mengingatkan kita alasan kenapa bisa saling dekat. Tapi bila sudah tidak ada tawa, ini bisa jadi pertanda hubungan sudah berada di ujung tanduk.

Setiap pasangan selalu memiliki persoalan dan isunya masing-masing. Hubungan susah langgeng bisa karena berbagai faktor dan penyebab. Tapi semoga hubungan dan pernikahan yang kita miliki saat ini bisa terus bertahan dan selalu dilimpahi kebahagiaan, ya.

bandar qq