bandar qq – Seperti yang sudah banyak orang tahu, bahwa agama Kristen terbagi bagi menjadi beberapa aliran. Dan aliran yang paling utama ada Tiga. Yap, aliran tersebut diantara nya adalah Kristen Protestan, Kristen Katolik, Kristen Orthodox. Lalu, Kristen Protestan masih terbagi bagi lagi menjadi banyak cabang. Nah, pada thread ane yang satu ini ane akan membahas 3 Negara Asal Dari 3 Aliran Utama Di Agama Kristen Ini, serta 3 Negar dengan penganut terbesar dari masing masing aliran diatas.

1. Kristen Orthodox

Negara Asal Kristen Orthodox : Yunani

Aliran pertama yang akan ane bahas pada list ini adalah aliran Kristen yang mungkin paling kurang familiar di negara ini yaitu Kristen Orthodox. Kristen Orthodox memang tidak terlalu familiar disini karena memang tidak dianggap menjadi agama resmi. Tapi aliran ini juga memiliki banyak pengikut. Tertulis di saintpaulemmaus.org, Kristen Orthodox adalah aliran Kristen yang berdiri pada tahun 34 Masehi. Aliran ini didirikan oleh Rasul Paulus. Aliran ini juga disebut Greek Orthodox karena berasal dari negara Greece atau yang kita kenal sebagai Yunani. Kini, Yunani juga menetapkan Kristen Orthodox menjadi agama resmi mereka. Serta, Yunani juga merupakan salah satu negara dengan persentase Kristen Orthodox terbesar di Dunia. Aliran ini memakai liturgi Byzantine. Dan yang unik, natal di Kristen Orthodox ini berlangsung di bulan Januari. Di Yunani sendiri, kini 93% penduduknya beragama Kristen (90% Orthodox).

Negara Dengan Penganut Kristen Orthodox Terbanyak : Rusia

Jika negara asal dari Kristen Orthodox ini adalah Yunani, maka negara dengan penganut Kristen Orthodox terbanyak di dunia ini adalah Rusia. Rusia adalah negara terluas di dunia dan terletak di Eropa Timur. Rusia dahulu memang dikenal sebagai Negara Komunis yang benar benar menentang agama. Namun, setelah Uni Soviet runtuh kini mayoritas penduduk Rusia kembali kepada agama. Dan hingga saat ini mayoritas penduduk Rusia beragama Kristen Orthodox, bahkan menjadi yang terbanyak di dunia. Menurut Pew Research Center, pada tahun 2015 73% penduduk Rusia bergama Kristen dan 71% diantara nya beragama Kristen Orthodox atau sekitar 104,7 Juta Orang. Jadi perlu di ingat bahwa Rusia kini BUKAN NEGARA KOMUNIS YANG MAYORITAS ATEIS. Rusia juga menjadi negara dengan Umat Kristen terbanyak ke 4 di dunia.

2. Kristen Katolik

Negara Asal Aliran Kristen Katolik : Italia

Aliran kedua yang akan ane bahas adalah Aliran Kristen terbesar di dunia dan mungkin yang paling terkenal, Katolik. Aliran ini didirikan oleh salah satu murid Yesus Kristus yaitu Rasul Petrus. Petrus juga merupakan paus pertama dari Gereja Katolik. Oleh karena itu, pusat Katolik dunia yaitu Basilica Saint Peter merupakan nama gereja yang diambil dari namanya, Peter. Aliran ini berdiri di Roma yang kini menjadi ibukota Italia. Namun, tepatnya di wilayah Vatikan. Paus asal Italia pertama adalah Paus Linus yang juga penerus langsung Rasul Petrus. Pope Linus berasal dari Voltarre, Italia. Italia kini juga menjadi salah satu negara dengan Katolik terkuat. Negara Italia juga merupakan salah satu negara paling religius di Eropa. Tercatat, kini 83% penduduk Italia beragama Kristen.

Meskipun negara asal Katolik berada di tanah Eropa, negara penganut terbesar dari aliran ini adalah negara Amerika Latin yaitu Brazil. Brazil adalah negara yang terletak di Benua Amerika Selatan. Negara ini juga terkenal sebagai negara no 1 di bidang sepakbola. Selain itu,negara ini juga merupakan negara no 1 dalam urusan pengikut Katolik. Tercatat, kini 88% penduduk Brazil beragama Kristen (65% Katolik) atau sekitar 208 Juta Orang. Brazil juga menjadi negara dengan penganut Kristen terbanyak kedua di dunia.

3. Kristen Protestan

Negara Asal Aliran Kristen Protestan : Jerman

Dan aliran terakhir yang akan ane bahas adalah Aliran Kristen paling populer di Indonesia serta Aliran Kristen terbesar kedua di dunia yaitu Protestan. Kristen Protestan sendiri aliran yang lahir dari pecahnya gereja Katolik akibat reformasi yang dilakukan oleh Martin Luther pada 1517. Nah, Martin Luther sendiri merupakan pendeta asal Jerman, tepatnya dari kota Eisleben. Jerman sendiri kini bukanlah negara yang “sangat religius”. Namun, sebagai salah satu negara termaju di dunia Jerman juga tidak menjadi negara yang tidak beragama seperti Inggris dan Belanda. Religiusitas Jerman masih bisa dibilang tengah tengah. Kini, menurut Poliobarometer pada tahun 2016 66% penduduk Jerman beragama Kristen (terbagi dua hampir rata menjadi Protestan dan Katolik). Jerman juga menjadi negara dengan penganut Kristen terbanyak ke 10 didunia yaitu sekitar 47,9 Juta Orang.

Negara Penganut Kristen Protestan Terbanyak : Amerika Serikat

Dan negara dengan penganut Kristen Protestan terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Yap, Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara terkuat dan termaju di dunia. Bukan hanya menjadi negara dengan Protestan terbanyak di dunia, Amerika juga menjadi negara dengan Umat Kristen terbanyak di dunia. Amerika Serikat juga menjadi salah satu negara maju yang masih religius. Mayoritas masyarakat di Amerika masih menganggap agama itu penting, rutin ke Gereja minimal sebulan sekali, dan rutin berdoa sehari sekali. Amerika Serikat juga menjadi rumah untuk ratusan megachurch (gereja dengan jemaat yang sangat banyak) yang memiliki jemaat puluhan ribu tiap minggunya seperti Lakewood Church dan Saddleback Church. Kini, tercatat seiktar 74% penduduk Amerika Serikat beragama Kristen (49% Protestan) atau sekitar 230 Juta (Kristen Terbanyak Di Dunia).