Ketahui penyakit asam lambung atau disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Lantas apa yang penyebab asam lambung?
#agenbola #agensbobet #agenpoker #agencasino bandar qq
Penyebab Asam Lambung Tinggi

Pada umumnya penyakit asam lambung atau GERD disebabkan oleh tidak befungsinya  lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak menutuop dengan baik, oleh karena asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Adanya penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, kelebihan berat badan, hiatus, henia, keadaan hamil atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Selain adanya penyebab, ketahui terlebih daluhu dengan gejala asam lambung tinggi.

Gejala Asam Lambung

Jika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini ialah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

– Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati
– Refluks asam lambung atau regurgitasi

Selain gejala diatas, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin dialami, di antaranya :

– Kembung dan bersendawa
– Bau napas tidak sedap
– Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba
– Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan
– Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau)
– Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari
– Sakit dada

Terjadinya komplikasi akibat asam lambung

Komplikasi yang paling sering terjadi akibat penyakit asam lambung merupakan esofagitis. Esofagitis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasus esofagitis yang parah, penderita akan kesulitan menelan karena munculnya tukak. Tukak terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menjadi luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, bisa terjadi kanker esofagus.

Itulah informasi mengenai Asam Lambung Tinggi. Jangan diabaikan penyakit asam lambung. jika dibiarkan akan mengalami komplikasi lainnya. Salah satunya ingin sembuh Anda harus mengubah gaya hidup dan Mengubah pola makan. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here