Bagi penggemar karya Marvel Cinematics Universe, ‘Avengers: Endgame‘ tentu saja jadi sebuah film yang kaya dan sarat makna. Bercerita tentang kondisi bumi lima tahun setelah kekalahan manusia dalam film sebelumnya, ‘Avengers: Infinity War‘, film yang rilis di Indonesia pada tanggal 24 April ini juga memuat sebuah kota yang menjadi tempat tinggal Thor di bumi setelah Asgard luluh lantak.

New Asgard namanya. Di New Asgard, seluruh rakyat Thor memulai lembaran hidup yang baru dengan pekerjaan baru, yang tentunya berbeda dengan kebiasaan mereka sebelumnya saat masih berada di luar angkasa, yakni sebagai nelayan.

St. Abbs merupakan desa nelayan yang berada di tenggara teluk Skotlandia dan berbatasan dengan Georgia, AS Foto: Shutter Stock

Sama seperti saat Black Panther dirilis, jelas saja New Asgard menjadi ‘destinasi wisata’ paling diburu oleh para penggemar Marvel. Menurut laman Daily Mail, setelah rilisnya Avengers: Endgame ada banyak orang yang mencari tahu lokasi syuting New Asgard dan mulai melakukan reservasi penerbangan secara online untuk berkunjung.

Tapi, apa benar New Asgard ada di bumi? Ya, ternyata New Asgard dalam ‘Avengers: Endgame’ memang nyata adanya. Yang jadi pembeda, nama lokasi sebenarnya adalah St Abbs. Lokasinya ada di Skotlandia, berbatasan dengan Georgia, Amerika Serikat.

Lanskap pantai yang indah di St. Abbs, Skotlandia Foto: Shutter Stock

St Abbs merupakan desa nelayan kuno dengan pelabuhan cantik yang berlokasi di tengah perbukitan hijau yang menawan. Letaknya di kaki St Abb’s Head National Nature Reserve dan berbatasan pula dengan St Abbs and Eyemouth Voluntary Marine Reserve.

Karena lokasinya yang dikelilingi cagar alam, maka St Abbs dinilai penting bagi kelangsungan hidup satwa yang berada di perbatasan Georgia. Sebab tebing-tebing tingginya menjadi rumah bagi ribuan burung laut, dan lautnya yang jernih dipenuhi beragam ikan.

Sehingga wajar saja pada bulan Mei-Agustus, banyak wisatawan yang datang secara khusus untuk melihat burung-burung. Selain itu, biasanya St Abbs kedatangan para penyelam asal Eropa yang khusus datang untuk scuba diving dan menikmati perairannya yang tak cuma indah tapi juga sejuk.

St. Abbs dilihat dari kejauhan Foto: Shutter Stock

St Abbs awalnya dinamai sebagai Coldingham Shore. Nama itu diberikan oleh nelayan yang tinggal di Fisher’s Brae di Coldingham. St Abbs baru menjadi pemukiman setelah para nelayan membangun rumah permanen mereka pada pertengahan abad ke-18.

Pada akhir abad ke-19, seorang tuan tanah bernama Andrew Usher memutuskan untuk mengubah nama Coldingham Shore sebagai St Abbs untuk menghormati legenda tentang Aebba. Aebba adalah biara pada abad ke-7 yang didirikan di Bukit Kirk, tepat di utara Coldingham Shore.

St. Abbs merupakan desa nelayan yang berada di tenggara teluk Skotlandia dan berbatasan dengan Georgia, AS Foto: Shutter Stock

Menurut legenda, para penghuni biara memutilasi bagian-bagian tubuh mereka agar mereka tidak disukai oleh perampok Viking, sehingga dapat senantiasa menjaga kesucian. Masyarakat setempat meyakini bahwa biara tersebut didirikan oleh seorang putri raja bernama Aebba. Ia adalah anak dari pemimpin pertama kerajaan saat Northumbrian bersatu.

Aebba kabur ke Kerajaan Dalriada Skotlandia, dan kemudian memeluk agama Kristen. Ia lantas mendirikan biara di Bukit Kirk. Biara Aebba diperkirakan telah hancur karena terbakar api pada tahun 683 Masehi dan ditinggalkan. Biara inilah yang kemudian jadi asal mula nama St Abbs.

St. Abbs merupakan desa nelayan yang berada di tenggara teluk Skotlandia dan berbatasan dengan Georgia, AS Foto: Shutter Stock

Menariknya, selama pembuatan film ‘Avengers: Endgame’ pada tahun 2017, pelabuhan regu penyelamat Lifeboat St Abbs berganti nama menjadi pelabuhan Lifeboat New Asgard. Gimana, kamu tertarik enggak menyambangi ‘New Asgard’ di Skotlandia milik Thor dalam ‘Avengers: Endgame’ ini?

onbet789
berita-umum
travell
judionline
tranding