yandex
Kehidupan

Lima Bahan Dapur Ini Ampuh Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk di ginjal. Endapan itu terjadi ketika garam dan mineral seperti kalsium oksalat mengkristal di dalam ginjal dan membuat batu keras. Endapan tersebut harus dikeluarkan. Jika tidak, endapan ini bisa menyebabkan masalah ginjal yang lebih berat di masa depan.

Endapan ini muncul ketika tubuh tidak mendapatkan asupan air minum yang cukup. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, cairan bergerak perlahan melalui ginjal. Ini meningkatkan kemungkinan senyawa garam dan mineral bersentuhan erat dan saling menempel. Dalam beberapa kasus, batu keluar dari tubuh tanpa menunjukkan gejala apa pun, tetapi dalam kasus batu besar dan sedang, prosesnya sangat menyakitkan.

Gangguan ini bisa diatasi dengan obat-obatan atau intervensi medis lainnya, misalnya terapi gelombang kejut atau operasi. Tapi, jika kondisinya belum terlalu parah, bahan-bahan rumahan ini bisa mengatasi dan mencegah batu ginjal membesar.

1. Air

Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi adalah salah satu metode termudah untuk mencegah dan mengobati batu ginjal. Kebanyakan dokter merekomendasikan hal yang sama. Minum 8-12 gelas air per hari dapat memperlambat pertumbuhan endapan dan meringankan perjalanan endapan itu melalui saluran kemih. 

2. Jus lemon

Sitrat yang terdapat dalam jus lemon membantu menghancurkan endapan kalsium dan memperlambat pertumbuhannya. Anda bisa minum jus lemon sebelum makan atau memasukkannya ke dalam diet Anda. Jangan membeli jus lemon kemasan, lebih baik pilih jus segar. 

Steven Y. Nakada, profesor urologi di University of Wisconsin, Madison, mengatakan jus lemon memang tidak bekerja sebaik potasium sitrat tapi ini jadi alternatif yang menarik. "Kami melihat terapi limun berperan,” kata dia seperti dikutip Web MD.

3. Basil

Beberapa senyawa dalam daun basil diketahui dapat menstabilkan kadar asam urat, yang membuat batu ginjal sulit terbentuk. Daun yang mirip kemangi ini juga mengandung asam asetat, yang dikenal melarutkan batu ginjal. Satu sendok teh jus basil setiap hari dapat membantu mencegah dan mengobati batu ginjal.

4. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang membantu melarutkan simpanan kalsium. Anda dapat mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan air sebelum setiap kali makan.

5. Wheatgrass

Senyawa dalam jus wheatgrass atau rumput gandum dapat meningkatkan produksi urin, memungkinkan batu untuk lewat dengan lebih mudah. Wheatgrass juga kaya akan antioksidan, yang membantu membuang simpanan kalsium di saluran kemih. Kini banyak tersedia wheatgrass dalam bentuk pil atau bubuk, tapi minum jus segar jadi pilihan terbaik.  

Tapi cara-cara tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Anda tetap harus mengurangi konsumsi bahan makanan penyebab batu ginjal seperti garam, kecap atau saus, daging, dan makanan berprotein tinggi lainnya.    

bandar qq
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Artikel Lainnya
Close
Back to top button