Kanker adalah penyakit yang muncul akibat dari pertumbuhan tidak normal sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dan dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak diobati dengan benar. Penyakit ini bisa menimpa semua orang, tidak mengenal umur. Penyebab kanker ada bermacam-macam, salah satunya adalah dari makanan yang tidak sehat. Dari penyebabnya itu juga, kita dapat mencegah penyakit ini menimpa diri kita sendiri dengan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini yang memang sudah terkenal baik, sehat, dan mudah didapat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat kita konsumsi:

1. Cabai

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Cabai mengandung senyawa capcaisin yang dapat menetralisir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Pecinta cabai atau sambal? Lanjutkan! Asal jangan berlebihan, karena yang berlebihan itu tidak baik.

2. Ubi Jalar

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Ubi jalar mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker. Makanan satu ini bisa juga lho jadi pengganti nasi. Selain mudah didapatkan, rasanya juga tidak kalah enak dengan makanan yang lain.

3. Tomat

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Merupakan salah satu sayuran/ buah yang sangat mudah kita temui di mana-mana dan juga salah satu sayuran yang penting bagi tubuh kita.Tomat sangat efektif mencegah kanker, terutama kanker prostat. Jika tidak terlalu suka sayur yang satu ini, kita bisa mengakalinya dengan membuatnya menjadi jus dan langsung meminumnya tanpa mengurangi manfaatnya.

4. Kedelai

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Makanan yang satu ini mungkin menjadi salah satu makanan yang paling mudah didapat. Karena apa? Karena bahan makanan ini banyak menjadi bahan dasar pembuat berbagai macam makanan lainnya seperti tempe, tahu, dan bahkan sari kedelai. Edamame pun masuk dalam kategori ini lho, yang juga jelas sangat sehat bagi tubuh. Kadar phytoestrogen yang ada dalam kedelai ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

5. Brokoli, Kol, Kembang Kol

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Eits, jangan ikutan nyanyi kalo baca kembang kol ya. Ketiga jenis sayuran di atas ini efektif lho untuk mencegah segala jenis kanker, karena sayuran tersebut memiliki kandungan fitonutrien. Untuk yang tidak suka jenis sayur ini, cobalah, kadang yang tidak kita sukai sebenarnya sangat baik untuk diri kita.

6. Bawang Putih

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Bawang putih mengandung banyak antioksidan yang bersifat antikanker nih. Secara nggak langsung, sebenarnya kita sudah banyak mengonsumsi bawang putih jika kita juga sering mengonsumsi masakan-masakan lain yang berbumbu bawang putih. Cara sederhana mengonsumsi bawang putih adalah menaburkan bawang putih goreng ke nasi yang akan kita makan, namun ternyata, bawang putih paling baik dikonsumsi dalam keadaan mentah lho.

7. Berry

Kanker? Cegah dengan Konsumsi Makanan-makanan Ini

Jenis buah ini nih, pasti yang paling disukai dari semua pilihan di atas. Selain mudah mengolahnya, entah dimakan langsung atau diolah menjadi jus berry, semuanya enak dikonsumsi dan mengandung antioksidan yang tinggi dan bagus untuk tubuh kita.

Demikian beberapa makanan dan bahan makanan yang bisa kita konsumsi jika kita ingin terhindar dari penyakit kanker. Ayo kita belajar untuk hidup lebih sehat lagi, menyayangi diri sendiri dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan lainnya.

bandar qq