renjanaberkata
Bacaan Umum

Pak Jokowi Pernah Ditolak Sekolah Ini Waktu SMA

Jokowi Pernah Ditolak Sekolah Ini Waktu SMA

Menjadi orang nomor satu di Negara Indonesia, Ternyata tak semudah yang dibayangkan fakta nya Pak Joko Widodo pernah ditolak saat mendaftar di salah satu sekolah SMA Favorit Kota Surakarta.

Pada masa belajar di tingkat sekolah dasar, Ia bersekolah di SDN 111 Tirtoyoso dan ia mengakui bahwa ketika duduk di sekolah dasar dirinya jarang sekali belajar, Namun ia sering menjadi juara kelas. Kepintarannya semasa SD itu akhirnya mengantarkannya masuk ke SMPN 1 Surakarta.

Jokowi Yang Penuh Semangat

Kepintaran semasa SD membuat nya berhasil masuk ke SMPN 1 Surakarta yang merupakan SMP terfavorit di kota Solo pada tahun 1974, Dirinya pun mempunyai harapan yang besar ia berharap agar dapat meneruskan pendidikan selanjutnya di SMAN 1 Kota Surakarta yang merupakan SMA terfavorit di Kota Solo.

Malang tak dapat di tolak dan untung tak dapat di raih begitulah kira - kira pepatah yang pas untuk nasib nya pada saat itu, Ternyata kepintaran nya sejak SD dan SMP tidak dapat menolongnya menggapai impian nya untuk bisa meneruskan pendidikan di sekolah SMA Favorit, Akhirnya mau tidak mau ia bersekolah di SMA Negeri 6 Solo.

Jokowi Merasakan Kecewa Yang Mendalam

Kesedihan dan kekecewaan pun sempat di rasakan, Pasalnya ia malu dan merasa kecewa mengingat pada saat itu sekolah SMAN 6 merupakan sekolah yang baru saja di bangun dan belum teruji kualitasnya, ia masuk sebagai angkatan pertama pada tahun itu di SMAN 6.

Jokowi sempat melakukan aksi mogok makan dan mengurung diri di kamar nya seharian karena ia merasa tidak ada lagi yang bisa ia banggakan, Pada saat itu kedua orang tua dari Jokowi serta Paman nya pun ikut membujuk Jokowi agar mau keluar dari kamar dan mau bersekolah, namun Jokowi tetap saja mengabaikan bujukan itu karena ia masih merasa kecewa terhadap dirinya sendiri.

Berbagai Tawaran Ditolak Dengan Tegas

Ibunda Jokowi sempat memberikan penawaran kepada anak sulungnya itu untuk mau bersekolah di sebuah SMA di Sukoharjo tetapi Jokowi menolak tawaran dari sang ibunda, Salah satu seorang kerabat terdekat Jokowi juga datang dan memberikan tawaran untuk membuat Jokowi bisa masuk ke SMAN 1 dengan menggunakan uang pelicin namun Jokowi tetap menolak tawaran tersebut.

Pasal nya ia merasa ini bukan hanya sekedar perkara untuk bisa masuk ke SMA impian nya, namun yang membuatnya kecewa itu lebih kepada sebuah penolakan yang dialami nya dan kandas nya cita - cita yang sudah dibayangkan nya. tahun 1977 di akui nya sebagai tahun yang mempunyai masa masa sulit bagi nya.

Baca Juga Artikel Menarik Lain nya : 4 Cara Membuat Wajah Glowing ala Netizen Ini Bikin Geleng Kepala

Pak Jokowi Pernah Ditolak Sekolah Ini Waktu SMA
Foto Jokowi dan Keluarga
Semangat Jokowi Bangkit kembali

Joko widodo akhirnya memutuskan untuk masuk sekolah di SMAN 6, tapi ia lebih sering bolos dan selalu mengunci diri di kamar setelah pulang sekolah. Sang Ibunda pun pasrah dengan hal yang di lakukan putra nya dan hanya bisa memberikan nasehat kepada sang putra, Ia menasehati anak sulung nya itu agar tidak patah semangat agar bisa meneruskan mimpi nya.

Ibunda nya mengatakan meski bersekolah di SMA yang bukan favorit, itu tidak berarti ia tidak akan bisa kuliah di universitas favorit. Tentu saja kamu harus rajin belajar agar bisa masuk ke universitas favorit. Syukurlah, Jokowi bisa mengatasi kesedihannya pada saat duduk di kelas 2 SMA.

Pak Jokowi Pernah Ditolak Sekolah Ini Waktu SMA
Foto Orang Nomor 1 Indonesia
Berjuan Kembali Menggapai Impian

Akhirnya ia kembali memulai semangat baru nya dengan kembali rajin belajar, Prestasi sebagai juara kelas pun diraih nya. Ada satu tekad pada saat itu yakni ia harus bisa masuk dan diterima di universitas impian nya, Universitas Gajah Mada (UGM) Fakultas Kehutan. Tak ingin melihat putra nya terpuruk lagi, sang ibunda meminta putra sulung nya mengikuti bimbingan belajar sebulan sebelum tes masuk UGM.

Perjuangan dan usaha akhirnya memberikan hasil yang memuaskan, Berkat usaha yang gigih akhirnya Joko widodo berhasil masuk di Universitas impian nya dan ia berhasil menyeselaikan pendidikan nya dalam waktu 4,5 tahun dan tercatat sebagai salah satu mahasiswa yang lulus tercepat di Jurusan Teknologi Kayu Fakultas Kehutanan pada tahun itu.

Referensi Artikel : Pak Jokowi Pernah Ditolak Sekolah Ini Waktu SMA

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close