renjanaberkata
Bacaan Umum

Edhy Prabowo Gantikan Susi Pudjiastuti Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan

Edhy Prabowo Gantikan Posisi Susi Pudjiastuti

Edhy Prabowo kini tengah resmi menggantikan posisi Susi Pudjiastuti yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy Prabowo sebelumnya telah memenuhi panggilan dari Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo(Jokowi) ke Istana Presiden pada hari Senin (21/10/2019) Kabarnya dipanggilnya Edhy Prabowo membuat sejumlah teman masa sekolah SMA-nya ikut bangga.

Munculnya nama Edhy Prabowo sebagai calon menteri kabinet Presiden Jokowi memang tidak terduga, Banyak orang yang tidak menyangka bahwa posisi Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan akan digantikan oleh Edhy Prabowo. Hal tersebut tentunya sontak membuat semua orang kaget.

Latar Belakang Edhy Prabowo

Semasa sekolah Edhy Prabowo atau yang lebih akrab di sapa Bowo merupakan salah satu siswa yang cukup berprestasi di kelasnya, Bowo merupakan siswa yang suka berorganisasi bahkan waktu kelas II ia sempat menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Tak hanya itu saja, Secara akademik Edhy Prabowo juga selalu menjadi juara di kelas nya ia selalu masuk dalam peringkat 10 besar.

Edhy Prabowo pernah terpilih mewakili kabupaten sebagai paskibraka tingkat provinsi. Ia merupakan sosok yang ramah dan mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi tutur salah satu teman semasa sekolahnya, dari masa sekolah teman-teman seangkatan Edhy Prabowo sudah yakin bahwa kelak Bowo akan menjadi orang yang sukses.

Edhy Prabowo Gantikan Susi Pudjiastuti Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan
Foto Prabowo Subianto dan Edhy Orabowo

Pengalaman Edhy Prabowo

Edhy Prabowo merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy pernah menjadi anggota DPR selama tiga periode, kemudian Edhy juga sempat menjadi ketua komisi IV DPR pada periode keanggotaan tahun 2014-2019 yang membidangi pertanian,kehutanan, maritim atau kelautan dan perikanan serta pangan.

Sebelum ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo merupakan seorang Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Presiden Jokowi memberikan pengumuman bahwa Urusan ikan, Industri Perikanan serta Wisata maritim wilayahnya ada dibawah naungan beliau.

Baca Juga Artikel Menarik lain nya : 7 Moment Nadiem Makarim dan Istri yang Jarang Terekspos

Edhy Prabowo Gantikan Susi Pudjiastuti Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan
Foto Deretan Kabinet Jokowi

Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan

Edhy Prabowo pernah belajar di Akademi Militer di Magelang, pada tahun 1991. Namun karir Edhy di bidang militer hanya bertahan dua tahun saja lantaran ia dikenakan sanksi. Setelah keluar dari tentara, ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta, kemudian ia berkenalan dengan Prabowo Subianto yang masih berpangkat letnan kolonel dan menjabat Komandan Grup III Kopassus TNI Angkatan Darat pada saat itu.

Lalu akhirnya Edhy Prabowo disekolahkan oleh Prabowo Subianto di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo yang berlokasi di Jakarta Selatan, dan ia harus berlatih silat setiap akhir pekan di kawasan Batujajar kota Bandung Jawa Barat. Ia pun sudah menjadi orang terdekat sekaligus orang kepercayaan dari Prabowo.

Susi Pudjiastuti Digantikan oleh Edhy Prabowo

Susi Pudjiastuti memang disebut - sebut sudah tidak lagi diterima parpol karena kebijakannya selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan kurnag memuaskan. Namun kinerjanya di kabinet, membuat Jokowi cukup puas. Posisi jabatan Susi Pudjiastuti kemungkinan digeser ke kementerian lain yang mungkin akan lebih cocok.

Meskipun sampai saat ini, masih terjadi tarik menarik keputusan jabatan antara parpol pendukung Jokowi dan posisi Menteri Kelautan dan Perikanan. Tetapi Jokowi tetap ingin Edhy Prabowo yang mengisi jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan. Jokowi yakin bahwa Edhy lah orang yang tepat untuk menjabat sebagai menteri dibidang tersebut.

Edhy Prabowo Gantikan Susi Pudjiastuti Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan
Foto Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat serah terima jabatan
Resmi Menjabat Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

Presiden Jokowi pada hari senin (21/10) sudah memanggil sejumlah calon menteri ke Istana Presiden sejak pagi hari, Di antaranya ada Wishnutama, Pratikno, Nadiem Makarim, Erick Thohir, Nico Harjanto, Airlangga Hartarto, Fadjroel Rahman, Tito Karnavian, Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo. Jokowi bertujuan untuk memberikan pengumuman resmi pejabat yang akan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut.

Jokowi telah resmi memperkenalkan kepada publik komposisi susunan menteri kabinet jilid II pada hari Rabu 23 Oktober 2019 kemarin, Kini setelah ditunjuk secara resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy akan resmi berkantor di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berlokasi di Daerah Gambir, Jakarta Pusat. Siang ini pada pukul 12.00 WIB, Susi Pudjiastuti akan memberikan serah terima jabatan kepada Edhy Prabowo yang akan di gelar di kantor tersebut.

Referensi Berita : Edhy Prabowo Gantikan Susi Pudjiastuti Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan, Langganan Juara Kelas

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close