Onbet789 – – Film Down Swan Siap Ajak Kita Lebih Peka terhadap Down Syndrome.

Dalam rangka peringatan World Down Syndrome Day tahun ini, Adiksi Films sebagai rumah produksi film Down Swan menggelar pre-screening di bioskop XXI Epicentrum (21/3). Acara ini ditujukan untuk 800 anak berkebutuhan khusus beserta komunitas terkait seperti Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrom (POTADS), Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI), dan Forum Komunikasi Orangtua Anak Spesial Indonesia (FORKASI).

Down Swan bercerita tentang perjuangan sepasang suami istri yang mendukung anaknya sebagai penyandang down syndrome untuk menjadi seorang balerina. Dengan mengangkat tema yang enggak umum, film ini menjanjikan banyak pesan moral, khususnya cinta dan keluarga.

Menurut Ariyo Wahab, salah satu pemeran dalam film Down Swan, syuting film yang disutradarai oleh Fuad Akbar ini memakan waktu sekitar satu bulan. Dalam berperan sebagai Bisma, sang aktor mengaku tidak butuh waktu yang lama untuk mendalaminya. Baginya, bekerja sama dengan Putri Ayudya yang diakuinya sebagai salah satu aktris terbaik Indonesia bisa membantunya untuk memperkuat karakter.

Ariyo menilai karakter Bisma adalah sosok ayah yang sabar dalam menjalani kehidupan. “Dia adalah senyuman di rumahnya. Ketika sang istri tidak kuasa menahan kekecewaan karena anak mereka menyandang down syndrome, Bisma tetap kuat dan tersenyum,” lanjut Ariyo.

Sementara itu, Putri menilai karakter yang dia perankan dikisahkan sedang mengalami pergolakan batin. “Mitha adalah seorang ibu yang tentu punya harapan besar untuk anaknya. Dia adalah balerina dan ingin cita-citanya diteruskan oleh sang anak. Namun, setelah mengetahui kenyataan, segala rencananya berubah,” papar Putri.

Dari film ini, Ariyo berpesan bahwa para penyandang down syndrome adalah individu yang istimewa. Baginya, para penyandang down syndrome terkadang memiliki kemampuan istimewa yang enggak dimiliki orang-orang pada umumnya. Makanya, mereka enggak boleh mendapat diskriminasi di masyarakat.

Sejauh ini, pihak Adiksi Films belum memastikan tanggal penayangan Down Swan di bioskop. Yang jelas, dalam waktu dekat film ini akan hadir untuk mengajak kita lebih peduli terhadap para difabel.

Nah, sudah siap dibikin terharu lewat drama keluarga terbaru ini? Kalau penasaran dengan kabar selanjutnya soal film Down Swan, ikutin terus KINCIR biar kalian enggak ketinggalan informasi selanjutnya!

Sutradara : Fuad Pa’e Akbar

Pemeran :

  • Arina Dhisya
  • Ariyo Wahab
  • Putri Ayudya

Genre: DramaTanggal

Rilis : – – –

Studio : Adxi Films