Jatuh cinta merupakan hal yang paling sering membuat kita kebingungan, salah tingkah, berbunga-bunga namun kadang juga menguras air mata. Rasa cinta yang kita miliki untuk seseorang yang istimewa di hidup kita memang tak bisa disalahkan, meski kadang menyakitkan.

Seperti menyimpan rasa cinta diam-diam yang terkadang kita alami, dimana kita tidak bisa memilih untuk mencintainya namun hati kita bersikeras bahwa dialah orang yang sanggup membuat jantung kita berdegup kencang. Tak jarang, cinta dalam diam berakhir rasa kecewa karena ternyata si dia sudah ada yang punya.

Yakin bahwa Tuhan telah mengatur segalanya, termasuk jodoh

Mungkin kata-kata tersebut memang benar adanya. Karena cinta bukan hanya tentang kita dan orang yang kita cintai, melainkan juga tentang campur tangan Tuhan. Sekeras apapun mencoba, kalau ternyata dia bukan jodoh kita maka tidak akan bersatu. Demikian pula, semakin kita mencoba untuk menjauh jika ternyata dia lah yang Tuhan gariskan untuk melengkapi hidup kita dia akan tetap menjadi milikmu.

Berusaha terus memantaskan diri

Daripada menangis tidak jelas dan mengurung diri dari pergaulan sosial, alangkah lebih baik jika kita memperbaiki diri sendiri. Mengintrospeksi segala kekurangan yang kita miliki untuk kita benahi sedikit demi sedikit. Belajarlah untuk memantaskan diri karena jodoh tidak lain merupakan cerminan diri kita sendiri.

Tidak ambil pusing meskipun dia tidak mengetahui perasaanmu

Tergesa-gesa mengungkapkan perasaan kita pada orang yang kita cintai ialah hal yang kurang bijak. Kenapa? Jika tindakan tersebut tidak dilakukan dengan pertimbangan yang matang, maka kamu harus siap dengan beberapa konsekuensi yang timbul. Jika si dia menerima cintamu, mungkin tidak akan ada permasalahan yang berarti.

Namun, jika dia tidak menerima perasaanmu dan justru malah menghindari dan menjaga jarak darimu, di situlah kesabaran mu akan semakin diuji. Rasa ketidaknyamanan, perasaan bersalah, bingung bagaimana harus menyikapinya merupakan segelintir dari kekhawatiran yang menggelayut di benakmu.

Menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti melukis akan membuat dirimu lebih fokus dan tidak memikirkan tentang si dia. Berusahalah untuk memberi kesempatan pada dirimu sendiri untuk berkembang, menghasilkan karya-karya daripada nangis sesenggukan di kamar.

Menghabiskan banyak waktu bersama sahabat dan keluarga

Sebelum kamu menemukan pasangan hidupmu, perbanyaklah waktumu untuk sekedar berkumpul dan bersenda gurau bersama sahabat dan keluarga dekat. Karena mereka lah orang-orang yang setia pada saat kamu kesusahan. Meski hanya sebatas pergi traveling atau makan bareng itu akan membuatmu lebih bahagia karena kamu yakin selalu ada orang-orang yang mencintaimu sebelum kamu meninggalkan mereka setelah kamu hidup bersama pasanganmu.

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan agar cinta dalam diam itu tidak membuat kita bermasalah justru malah membuat kita semakin dewasa.