Mari Bersama Cegah Penyakit Kanker Sejak Dini

Kanker merupakan penyakit kronis yang sudah banyak menjadi penyebab meninggalnya seseorang. Dewasa ini semakin banyak pengidap kanker yang terdeteksi dan lebih banyak lagi pengidap yang belum terdeteksi. Ada banyak jenis kanker yang mulai bermunculan dari kanker kulit hingga kanker darah, dimana semuanya memiliki potensi untuk menghilangkan nyawa manusia. Takheran, siapa saja yang mengetahui bahwa dirinya mengidap kanker pasti merasa sangat gelisah karena gawatnya penyakit tersebut.
Kanker sendiri bukanlah penyakit menular yang bisa ditularkan dari satu pasien ke orang sehat lainnya. Namun, mereka yang memiliki orang tua dengan riwayat sel kanker memang bisa memiliki risiko kanker yang lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tidak memiliki orang tua dengan riwayat kanker. Selebihnya, kanker didapatkan dari radikal bebas yang memutasi sel di dalam tubuh sehingga sel tumbuh menjadi tidak normal. Radikal bebas tersebut bisa didapatkan dari gaya hidup yang kurang sehat, maupun dari faktor lingkungan.
Meski menjadi penyakit yang berbahaya, tetapi sebenarnya kanker juga bisa dicegah. Karena penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, maka pencegahannya pun harus dilakukan dengan membiasakan diri bergaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa mengurangi risiko penyakit kanker dan bisa dijadikan gaya hidup sehat sejak dini.
1. Menjaga Pola Makan
Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi lengkap akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat untuk menangkal radikal bebas. Sebaliknya, mengonsumsi makanan cepat saji atau ber-MSG tinggi bisa menambah risiko terbentuknya sel kanker. Usahakan untuk makan makanan rumahan yang sehat dan berasal dari bahan organik bebas pestisida.
2. Hindari Kebiasaan Buruk
Jauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras. Anda bisa menanamkan pendidikan karakter pada anak sedari dini, sehingga mereka bisa membentengi diri dari keinginan untuk ikut-ikutan merokok atau terlibat pergaulan yang negatif.
Selain mencegah kanker secara umum, Anda juga perlu melakukan pencegahan yang sifatnya lebih khusus sesuai dengan besar risiko yang ada. Misalnya, Anda adalah seorang perempuan, maka sebaiknya mengetahui pencegahan apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindarkan diri dari kanker payudara, kanker serviks, atau kanker rahim. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan pencegahan sejak dini, supaya jika ada sel kanker bisa langsung terdeteksi:

  • Melakukan tes papsmear untuk mendeteksi sel kanker pada serviks dan rahim;
  • Meraba payudara sendiri dengan metode tertentu untuk mengetahui adanya benjolan yang tidak normal;
  • Tidak melakukan seks bebas.

Contoh lain adalah jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat kanker, sebaiknya lebih rajin memeriksakan diri dengan melakukan general check-up secara berkala. Semakin dini sel kanker ditemukan akan semakin baik, karena memudahkan dalam proses pengobatannya.
Gaya hidup yang sehat bisa diupayakan sedari dini apalagi dengan dukungan dari seluruh anggota keluarga. Meski pencegahan selalu menjadi opsi terbaik, namun jika ada salah satu keluarga yang sudah terdeteksi memiliki sel kanker, maka dukungan keluarga justru lebih banyak dibutuhkan. Dampingi pasien sel kanker untuk melakukan pengobatan dari tahap awal kontrol, hingga pengobatan yang dilakukan. Jangan lupa untuk membiasakan diri konsumsi makanan sehat, olahraga ringan, hingga mengonsumsi suplemen untuk menambah sistem kekebalan tubuh selama masa pengobatan. Dengan usaha dan dukungan morel dari keluarga, bukan takmungkin, pasien kanker terbebas dari sel ganas yang ada di dalam tubuhnya.

bandar qq