Setiap pasangan pernah berselisih atau bertengkar, Itu hal normal. Bahkan, hubungan akan semakin dekat setelah perselisihan usai. Tapi, kadang-kadang perselisihan menjadi petunjuk bahwa hubungan tengah terancam berakhir.

Berikut enam tipe perselisihan yang dianggap sebagai lampu kuning sebuah hubungan.

1. Topik tentang anak

Sebagian besar orang menginginkan anak dalam pernikahan mereka. Tapi ternyata tak semuanya demikian dan kadang-kadang hal ini menimbulkan pertengkaran dengan pasangan. Salah seorang merasa bahwa mengasuh anak adalah tanggung jawab yang besar dan tidak siap untuk itu, pasangan lainnya ingin segera memiliki anak. Ada kemungkinan besar bahwa situasi ini akan menyebabkan kebencian antara pasangan dan mempengaruhi kehidupan cinta mereka.

2. Persoalan uang

Psikolog klinis Hillary Goldsher mengatakan bahwa uang merupakan masalah sensitif dalam sebuah hubungan. Butuh banyak perencanaan dan penyesuaian dan kadang-kadang fleksibilitas mengenai hal ini. “Jika salah seorang dari pasangan sangat tidak setuju tentang cara membelanjakan, menyimpan atau menghasilkan uang berulang-ulang, ada kemungkinan akhir dari hubungan itu mungkin datang lebih cepat,” kata dia.

Uang terkait dengan sistem nilai yang dianut. Goldsher menyebut, sulit untuk memiliki hubungan yang sehat jika pemikiran pasangan Anda tentang uang sangat berbeda. “Penting untuk memiliki pandangan yang sama dengan pasangan tentang uang membangun gaya hidup dan masa depan yang stabil,” kata Goldsher.

3. Kehidupan seksual

Kurangnya keintiman fisik antara pasangan bisa membuat hubungan bertambah renggang. Bisa jadi dorongan seksual yang berbeda dapat menyebabkan perasaan penolakan (pada gilirannya, ketidakpuasan). Ini bisa menimbulkan perselisihan yang perlu segera diselesaikan. Tarik napas dalam-dalam, coba analisis  apa yang sebenarnya salah, diskusikan dengan dengan pasangan.

4. Sama-sama keras kepala

Jika salah satu atau kedua pasangan merasa selalu benar atau egois terhadap hal-hal kecil, itu adalah tanda bahwa hubungan itu mungkin tidak akan bertahan lama. Setiap pasangan berkelahi tetapi yang menyelesaikan masalah adalah mereka yang memiliki ikatan yang sehat. Jika sama-sama keras kepala, jalan tengah akan sulit ditemukan.

5. Masalah kepercayaan

Pasangan pernah berselingkuh? Akan sangat sulit untuk membangun kepercayaan seperti semula. Padahal, kepercayaan adalah fondasi dasar sebuah hubungan.

6. Tidak berselisih sama sekali

Adalah hal wajar jika perbedaan yang ada pada pasangan menimbulkan perselisihan. Tidak berkelahi sama sekali mungkin menunjukkan bahwa kedua pasangan secara emosional terpisah atau sudah menyerah satu sama lain. Ini artinya, keduanya sudah tidak ingin berusaha mempertahankan hubungan.