yandex
Kehidupan

Benarkah Tomat Bisa Jadi Penyebab Asam Urat?

Apa itu asam urat (encok)?

Encok atau asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian yang menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, serta bengkak pada bagian yang terkena asam urat. Penyakit ini sering kali dalami oleh orang yang sudah lanjut usia. Tetapi, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalami encok. Diketahui setidaknya encok atau asam urat dialami oleh 1 dari 200 orang dewasa. Siapapun bisa saja mengalami asam urat, tetapi memang kaum laki-laki lebih sering mengalaminya dibandingkan dengan perempuan.

Kelompok usia yang sering kali mengalami asam urat adalah 30 hingga 50 tahun pada laki-laki, sedangkan pada perempuan lebih banyak ditemukan ketika mereka sudah mengalami menopause. Sementara kelompok remaja dan anak-anak sangat jarang ditemukan ada keluhan atau terdiagnosis asam urat.

Gejala yang muncul akibat asam urat akan sangat tiba-tiba muncul dan tidak bisa diprediksi. Nyeri pada bagian kaki, tangan, lutut, atau mata kaki bisa saja muncul sangat cepat dan pada awalnya terjadi di malam hari, kemudian akan menghilang selama 5 hingga 10 hari dan kembali lagi. Terkadang, penderita asam urat juga merasakan demam hingga 39 derajat celcius.

Apa penyebab asam urat (encok)?

Encok atau asam urat sebenarnya disebabkan oleh penumpukan asam urat pada persendian sehingga membuat sendi meradang. Akumulasi asam urat ini terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, makanan berlemak serta berminyak. Makanan tinggi purin akan dipecah menjadi asam urat di dalam tubuh.

Pada keadaan yang normal atau tubuh orang yang sehat, asam urat akan dikeluarkan melalui urin atau terkadang melalui tinja. Tetapi ketika jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh sudah terlalu banyak, maka asam urat akan terkumpul dan membentuk kristal. Kristal-kristal asam urat ini berkumpul di berbagai persendian, termasuk yang paling sering pada persendian kaki. Kristal inilah yang menyebabkan gejala asam urat muncul.

BACA JUGA: Daftar Makanan untuk Meringankan Osteoarthritis Lutut

Oleh karena itu, asam urat bisa diatasi dengan penerapan diet yang benar dan pemilihan makanan yang tepat serta konsumsi obat dari dokter. Untuk asam urat yang menimbulkan gejala sedang dan tidak berat, bisa diatasi hanya dengan mengatur pola makan serta melakukan diet yang benar. Tetapi untuk gejala yang parah, diperlukan bantuan konsumsi obat-obatan yang berfungsi meringankan gejala asam urat.

Diet yang perlu diterapkan oleh penderita asam urat adalah diet rendah purin, yaitu diet yang terdiri dari makanan-makanan yang rendah akan purin dan menghindari makanan yang tinggi purin, seperti daging, jeroan, sosis, berbagai makanan olahan, daging asap, dan kerang. Selain itu, di dalam diet purin, terdapat pembatasan pemakaian minyak serta makanan yang berlemak. 

Baru-baru ini, muncul pernyataan bahwa tomat buruk untuk penderita asam urat, karena menyebabkan gejala asam urat muncul, padahal tomat mengandung purin yang tinggi. Apakah benar? Dan bagaimana bisa tomat menyebabkan asam urat?

BACA JUGA: Benarkah Makan Bayam Dapat Meningkatkan Asam Urat?

Kenapa tomat disebut sebagai pemicu gejala asam urat (encok)?

Tomat, yang kita kenal sebagai sayuran atau sebagian orang menganggapnya sebagai buah karena mempunyai biji di dalamnya, memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tomat terkenal dengan vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya. Tidak hanya itu, tomat juga mengandung zat likopen yang juga berfungsi untuk mencegah peradangan pada tubuh.

Telah dibuktikan juga bahwa tomat memiliki kadar purin yang rendah, di mana zat purin adalah musuh dari penderita asam urat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tomat dapat menurunkan kadar purin di dalam tubuh penderita asam urat dan menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: Apa Itu Antioksidan dan Kenapa Penting Bagi Tubuh Kita?

Tetapi, kontra dengan hasil penelitian yang baru-baru ini muncul, yang menyatakan bahwa justru tomat menyebabkan gejala asam urat muncul dan memperparah gejalanya. Hal ini muncul karena pada penelitian tersebut menemukan 71% penderita asam urat dari total 2051 responden. Dari total kasus asam urat tersebut diketahui sebanyak 20%-nya mengalami asam urat karena dipicu oleh konsumsi tomat. Hasil penelitian yang dilaporkan dalam BMC Musculoskeletal Disorders ini memang menyatakan bahwa belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan tomat bisa menjadi pemicu dari gejala asam urat.

Para peneliti dari penelitian tersebut pun, tidak langsung menyatakan bahwa tomat buruk bagi penderita asam urat, karena lebih banyak penelitian yang menyatakan bahwa tomat baik dikonsumsi. Namun, alasan yang mungkin saja menyebabkan hal ini adalah kandungan glutamat yang ditemukan pada tomat, yang juga banyak dikandung dalam makanan tinggi purin. Ternyata, glutamat dapat membantu dan memicu sintesis asam urat di dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan kadar asam urat dan menimbulkan gejala.  

Jadi, apakah penderita asam urat (encok) boleh makan tomat?

Memang diperlukan penelitian serta bukti ilmiah yang lebih banyak lagi untuk membuktikan apakah benar tomat adalah salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Namun, sampai saat ini bukti yang menyatakan tomat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat masih lebih banyak dibandingkan kebalikannya. Jadi, jangan khawatir untuk mengonsumsi tomat jika Anda mengalami asam urat. Tetapi ingat, lebih baik mengonsumsi tomat yang segar dan hindari tomat yang sudah diolah menjadi saus, atau di dalam kemasan.

bandar qq
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Artikel Lainnya
Close
Back to top button