Seorang lansia yang baru pertama kali naik pesawat nekat turun lewat pintu darurat . Ia pun ditahan selama 10 hari di provinsi Zhejiang, China timur.

Dikutip dari South China Morning Post, Kamis (2/5/2019), pria bermarga Song itu bepergian bersama keluarganya menggunakan penerbangan Shandong Airlines dari Jinan di China utara ke Putuo, tenggara Shanghai, pada 21 April.

MenurutĀ The Paper, ia tidak sabar menunggu antrean untuk turun dari pesawat dan langsung saja membuka pintu darurat di sebelah kursinya.

“Saya menarik pegangan ini dan membukanya,” kata pria 65 tahun itu.

Namun, begitu melihat tidak ada tangga untuk turun, dia pun berbalik dan langsung dikelilingi oleh kru penerbangan dan keamanan bandara.

Kepada polisi Putuo, Song mengatakan bahwa itu adalah kali pertamanya naik pesawat dan tidak tahu kalau penumpang tak boleh membuka pintu darurat sembarangan, meskipun sudah ada tanda-tanda yang menyebutkan bahwa pintu itu digunakan hanya dalam keadaan darurat.

Staf penerbangan pun menutup pintu keluar itu tanpa menyebabkan keterlambatan bagi penumpang lain.

Warganet China pengguna Weibo kesal membaca berita insiden ini.

“Dia tetap bersalah. Bukan masalah kalau ini adalah pertama kalinya ia terbang, staf penerbangan selalu mengingatkan penumpang bahwa pintu keluar darurat tidak dapat dibuka begitu saja,” tulis seorang warganet. “Bergegas naik dan turun, dia tidak peduli pada keselamatan orang lain.”