Pernahkah kamu mengalami wajah bruntusan? Rasanya hampir semua wanita pernah mengalami yang namanya bruntusan. Bruntusan adalah sejenis white heads yang biasanya muncul hanya satu atau dua buah, tetapi juga dapat muncul dalam jumlah banyak di daerah dahi atau dagu. Initinya, bruntusan termasuk dalam bentuk jerawat yang disebabkan oleh penumpukkan minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menumpuk di kulit wajah.

1. Tidak membersihkan wajah secara sempurna mencuci muka dengan bersih

Pembersihan wajah yang tidak benar menjadi hal yang sangat mungkin dapat menimbulkan bruntusan. Apalagi jika kamu menggunakan make up setiap hari, penting banget untuk mencuci muka dengan teknik double cleansing. Kamu bisa menggunakan cleansing oil atau micellar water sebagai first cleanser, lalu dilanjutkan dengan sabun cuci muka sebagai second cleanser. Pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan ringan namun bisa membersihkan wajahmu dengan sempurna. Hati-hati dengan sabun cuci muka yang bikin kulit kamu jadi kering. Kulit kering dapat menyebabkan wajah dehidrasi sehingga membuat produksi minyak di wajahmu justru semakin banyak, akibatnya bruntusan di wajahmu tak kunjung hilang, deh!

2. Tidak cukup hanya membersihkan wajah, ternyata eksfoliasi wajah itu juga penting lho!

Wajah kita tentu mengasilkan sel kulit mati yang harus diangkat dengan cara eksfoliasi. Jika tidak, sel-sel kulit mati tersebut akan menumpuk di wajah kamu dan pastinya akan menyebabkan bruntusan nggak hilang-hilang. Kamu bisa menggunakan masker atau scrub yang dapat mengeksfoliasi wajahmu secara rutin maksimal 2x dalam seminggu. Kamu juga bisa menggunakan exfoliating toner setelah cuci muka.

3. Cek produk skincare atau make up yang kamu gunakan! Siapa produk yang kamu gunakan sudah kadaluarsa.

perhatikan tanggal kadaluarsa produk skincare

Sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk yang kita pakai. Kenali dan pelajari makna dari kode-kode yang ada di kemasan produk. Menggunakan produk yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan bruntusan dan bahkan bisa berakibat fatal, apalagi jika produk itu menempel di wajah kita. Jika perlu, tulis kembali tanggal kadaluarsa di kertas sticker, lalu tempel di produk agar menghindari tanggal kadaluarsa yang dapat hilang perlahan-lahan seiring berjalannya waktu layaknya gebetan. Eh.

4. Tidak cocok dengan produk skincare atau make up

produce skincare tidak cocok di wajah

Perhatikan komposisi dari setiap produk skincare atau make up kamu, mungkin saja penyebab wajah bruntusan adalah produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan yang tidak cocok dengan kulit kamu. Kamu harus mengenali berbagai kandungan yang berpotensi mengakibatkan breakout. Kulit wajah setiap orang itu tentu berbeda-beda, contohnya ada yang mengalami bruntusan karena alkohol, atau bahkan karena kandungan fragrances. Itu sebabnya kenalilah wajahmu dan apa yang dibutuhkannya.Semahal apa pun produk yang kamu pakai, kalau memang tidak cocok lebih baik hentikan penggunaannya.

5. Menggunakan produk yang mengandung moisturizing agent terlalu tinggi

pelembab bisa menyebabkan bruntusan

Moisturizing agent adalah kandungan yang bisa melembabkan kulit. Contohnya adalah glycerine, hyaluronic acid, dan vitamin E. Siapa sih yang tidak mau wajah lembab dan kenyal? Hampir setiap dari kita pasti menginginkannya. Namun, hati-hati memilih produk yang satu ini, jika kandungan moisturizing agentnya terlalu tinggi, terkadang justru menyebabkan wajahmu menjadi berminyak dan menimbulkan bruntusan.

6. Jarang membersihkan alat-alat make up

pentingnya membersihkan alat make up

Nah, mungkin hal ini adalah hal sepele yang justru cukup berpengaruh terhadap kebersihan wajahmu. Bayangkan saja berapa banyak bakteri yang menempel di brush, beauty blender, atau bahkan pouch make up kesayangan kamu jika kamu malas untuk bersihinnya. Yuk, luangkan sedikit waktumu untuk membersihkan ’perlengkapan perang’ minimal seminggu sekali!

7. Kurang memperhatikan kebersihan benda-benda yang kamu gunakan setiap hari

handphone yang kotor adalah salah satu penyebab bruntusan

Coba ingat-ingat kapan terakhir kamu mengganti sprei, sarung bantal dan handukmu! Pantas saja wajahmu masih bruntusan jika kamu malas menggantinya secara rutin. Bakteri yang menempel di sprei, sarung bantal dan handuk bisa berpindah ke wajahmu hanya dalam hitungan sepersekian detik, lho! Lebih baik lagi jika kamu menggunakan handuk khusus wajah. Tidak hanya itu, handphone kesayanganmu pun dapat menjadi sumber kuman. Handphone yang bersentuhan dengan wajah saat kamu teleponan dapat menyebabkan bruntusan bukan semakin berkurang tetapi malah semakin bertambah. Itu sebabnya sangat penting untuk membersihkan layar handphone setiap hari.

Coba deh perhatikan penyebab-penyebab tersebut dan atasi dengan cara yang baik dan benar. Percayalah, bruntusan di kulitmu perlahan-perlahan akan minggat dari wajahmu. Sayangilah kulit wajahmu!

bandar qq