Bunda ingin menurunkan berat badan? Mungkin bisa coba mengganti beras putih jadi beras merah untuk menu makanan sehari-hari.

Dikatakan Prof. Ali Khomsan, beras merah bisa jadi solusi terbaik untuk diet. Guru Besar Pangan dan Nutrisi IPB ini kemudian menjelaskan, kandungan serat dalam beras merah terbilang tinggi dan membuat perut kenyang lebih lama.

“Jadi, kalau orang mau makan serat lebih banyak, dia akan mengurangi asupan pangan lainnya, karena sudah didominasi serat yang sifatnya itu membuat perut lebih kerasa kenyang,” jelas Ali kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Ali menambahkan, beras merah tergolong whole grain atau gandum utuh yang kandungan seratnya masih tinggi. Seratnya pun tidak larut, sehingga bisa mencegah terjadinya obesitas.

“Serat itu sendiri akan mengendalikan kolestrol yang bagus, kemudian proses pembuangan kotoran atau BAB lebih lancar,” ungkap Ali.

Selain itu, tentu diet harus didukung faktor lainnya seperti olahraga dan mengurangi frekuensi makan. “Olahraga, exercise, mengurangi gorengan, makanan, kurangi frekuensi makan, itu upaya-upaya diet,” tutur Ali.

Ya, diet sah-sah saja dilakukan, asal jangan sewaktu Bunda hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin. Diet juga tidak dianjurkan saat Bunda menyusui ya.

“Kalau¬†ibu hamil¬†jangan diet, kalau diet dia akan berkelahi dengan janinnya. Artinya, ibu hamil itu untuk sementara makan seperti biasa, dan anjurannya makan satu piring lebih banyak, itu untuk menopang kebutuhan janin,” tutup Ali.

bandar qq