1. Ketoconazole

Salah satu bahan shampo anti ketombe terbaik untuk wanita yang paling efektif dan perlu kamu perhatikan adalah ketoconazole.  Sebenarnya, ini merupakan obat anti jamur yang biasanya digunakan untuk menangani infeksi jamur yang serius dan memengaruhi berbagai bagian tubuh, seperti di kulit, mulut, ataupun kaki.

Nah, ternyata ada juga shampo anti ketombe paling ampuh yang mengandung ketoconazole, lho! Shampo yang mengandung ketoconazole ini akan membasmi jamur sekaligus mengontrol sisik, serpihan kotoran, dan juga gatal di kulit kepala.

Shampo anti ketombe paling ampuh dengan kandungan ini memang tidak tersedia secara luas di pasaran. Namun kamu bisa membelinya di apotek terdekat dengan resep dari dokter rambut.

2. Asam Salisilat

Shampo untuk ketombe parah yang mengandung keratolytic atau asam salisilat, juga menjadi bahan aktif untuk melawan ketombe. Fungsinya adalah untuk membersihkan kulit kepala yang bersisik dengan melepaskan sel-sel kulit mati yang terkumpul di area tersebut. Selain itu, juga bisa menguraikan ketombe menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga bisa dibasuh dengan mudah.

Selain itu, asam salisilat juga berguna untuk membantu melembapkan rambut dan menjaganya dari kekeringan. Karena bagaimanapun, rambut yang kering akan menjadi mudah patah dan rontok serta tidak sehat. Belum lagi kalau kulit kepalamu kemudian menjadi mudah mengelupas.

Cara penggunaan shampo yang mengandun asam salisilat ini sama dengan seperti biasanya, tapi setidaknya gunakan hanya dua kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering dan terlalu lama karena nantinya beresiko mengiritasi kulit, menyebabkan mual, dan masalah lainnya.

Beberapa shampo asam salisilat juga mengandung belerang yang bisa menghentikan pertumbuhan jamur. Sehingga kalau kamu memiliki infeksi jamur di kulit kepalamu, shampo jenis ini tepat sekali untukmu.

3. Zinc Pyrithione

Shampo anti ketombe dan rontok terbaik biasanya akan memiliki kandungan zinc pyrithione atau ZPT. Kandungan ini merupakan bahan kimia yang memiliki fungsi anti jamur dan anti bakteri  untuk membantu mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Selain itu, ZPT juga bisa berguna untuk mengatasi ketombe, seborrheic dermatitis, dan kondisi kulit serupa lainnya. Kelebihan lainnya, ZPT dapat memperbaiki tekstur dan kesehatan rambut secara keseluruhan. Yaitu dengan membantu helai rambut menjadi lebih tebal, lembut, dan berkilau.

Bahan ini bahkan mampu mengurangi kerontokan rambut yang dipicu oleh timbunan sel kulit mati di kulit kepala. Biasanya, timbunan sel kulit mati tersebut dapat menyumbat folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut. Bahkan, kandungan ini juga bisa memberi efek yang menyegarkan kulit kepalamu.

4. Selenium Sulfide

Tahukah kamu ada shampo untuk menghilangkan ketombe membandel yang konsisten dengan kandungan selenium sulfide-nya. Hal ini disebabkan karena bahan ini dikenal sanggup melawan infeksi dengan melambatkan proses penuaan dan matinya sel-sel kulit. Juga bisa untuk menghilangkan jamut yang berlebihan di kulit kepala.

Kekurangan dari selenium sulfide adalah bahan ini bisa menghitamkan rambut yang sudah diwarnai dengan bahan kimia. Sehingga kalau kamu memutuskan untuk menggunakan ini, kamu jangan kaget kalau semir rambutmu mendadak memudar dalam kurun waktu tertentu.

Tapi kalau kamu tidak masalah dengan itu, coba cari saja shampo anti ketombe paling ampuh yang satu ini di toko-toko terdekat. Sebagai catatan, segera bilas hingga bersih setelah kamu menggunakan shampo dengan kandungan zat ini untuk menghindari masalah kesehatan lainnya.

5. Tea Tree Oil

Shampo dengan kandungan ini adalah solusi lain untuk menghambat pertumbuhan jamur yang berlebihan dan infeksi lain. Bahan ini tidak hanya mampu membersihkan rambut tapi juga tetap membuatnya halus dan lembab.

Selain itu, tea tree oil juga bisa memperkuat kulit kepala dan mendorong pertumbuhan sel-sel rambut. Sehingga, bahan ini juga baik untuk menebalkan rambut sekaligus menyehatkan kulit kepala.

6. Coal Tar

Tar batubara atau coal tar telah digunakan untuk mengobati psoriasis selama lebih dari 100 tahun. Shampo untuk psoriasis yang mengandung tar batubara ini berisi senyawa yang membantu mengurangi perkembangan sel-sel kulit yang berlebihan.

Bahkan, shampo anti ketombe paling ampuh yang mengandung tar barubara juga dapat mengurangi gejala psoriasis di kulit kepala, seperti penebalan lapisan sel kulit yang membuat gatal dan nyeri. Dan juga bisa membuat kulit kepalamu menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Kandungan tar batubara terkadang bisa membuat kulit kepalamu menjadi lebih peka terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, lindungi kepalamu dengan topi atau payung ketika terpaksa harus keluar rumah. Karena tar batubara tersebut masih bertahan di kulit kepalamu selama kurun waktu 24 jam atau bahkan lebih.

Kalau kamu pernah mengecat rambutmu menjadi warna yang terang atau bahkan pirang, kandungan tar batubara ini bisa membuat rambutmu menjadi berwarna gelap. Beberapa perempuan juga mungkin tidak akan menyukai aroma dari tar batubara ini. Sehingga untuk mengatasinya, kamu bisa mencuci rambutmu dengan shampo lain dan kondisioner biasa setelah mencuci rambut dengan shampo tar batubara agar rambutmu tetap harum dan berkilau.

bandar qq