Setiap orang memang sudah sebaiknya rajin mengonsumsi makanan sehat. Apalagi saat semakin tua, seseorang akan semakin berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, dan juga kanker.

Namun, ancaman kesehatan ini dapat Anda cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu caranya adalah dari konsumsi makanan. Ya, di usia Anda yang mencapai titik ini perlu memilih dan memilah makanan yang baik untuk tubuh

Saat usia Anda menginjak 50 tahun, maka Anda harus lebih bijak lagi dalam memilih asupan makanan. Di usia tersebut, tubuh Anda tidak bisa menerima beberapa jenis makanan seperti junkfood yang tanpa pantangan saat dikonsumsi di usia di bawah 50 tahun.

Kalau Anda ingin mendapatkan kondisi tubuh yang tetap sehat seperti pikiran tetap bekerja dengan tajam, maka Anda perlu memasukkanĀ makanan sehatĀ ini ke dalam konsumsi sehari-harinya. Langkah ini juga penting agar sistem kekebalan tubuh tetap berjalan dengan baik

Berikut ini, RenjanaBerkata.com, Kamis (16/5/2019) telah merangkum dari Health and Pretty terkait makanan sehat yang perlu Anda konsumsi di usia 50 tahun ke atas.

Apel dan Pir

Siapa yang tak mengenal khasiat dari buah apel? Kandungan nutrisi di dalam buah apel ini bisa membantu mengatur kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol Anda. Selain itu, apel merupakan sumber vitamin C, kalium, serat, dan antioksidan yang baik. Oleh karena itu, bagi Anda yang telah menginjak usia 50 tahun dan di atasnya, sangat dianjurkan mengonsumsi buah apel secara rutin.

Pir

Buah pir ini sangat bagus untuk Anda yang berusia 50 tahuan ke atas, karena buah pir mengandung banyak serat larut seperti vitamin C, asam folat, kalium, dan antioksidan. Rasanya yang enak dan segar ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Bawang Putih dan Wortel

Bawang putih merupakan salah satu makanan super anti-penuaan yang sangat kuat dan sangat ideal untuk dikonsumsi bagi Anda yang berusia di atas 50 tahun. Bawang putih yang memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur ini sangat bagus untuk mengobati pilek dan infeksi.

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, mengatur gula darah, dan membantu gejala demensia.

Wortel

Wortel termasuk dalam jenis makanan yang sangat baik dengan segala kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat bermanfaat. Wortel dapat membantu Anda dalam perawatan kulit, penglihatan, kesehatan mulut, kolesterol, tekanan darah, penyakit kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, hingga pencegahan kanker.

Hal ini dikarenakan, pada wortel terdapat beta-karoten, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B8, serta mineral (kalium, tembaga, mangan, besi), dan antioksidan yang dikandungnya.

Brokoli dan Bayam

Brokoli merupakan makanan detoksifikasi yang sangat baik dan tinggi antioksidan. Bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas, baiknya mengonsumsi brokoli ini adalah untuk mencegah osteoporosis, kanker, dan menambah berat badan. Selain itu, baik juga untuk mata dan kulit Anda.

Bayam

Kandungan nutrisi pada bayam seperti antioksidan, vitamin A, C, dan K serta magnesium, mangan, seng, dan selenium ini mampu membantu Anda yang memasuki usia 50 tahun dalam mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurologis. Selain itu, juga dapat meningkatkan penglihatan, kesehatan tulang, kesehatan kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

Kacang dan Salmon

Kalau Anda terbiasa mengonsumsi camilan berupa kerupik atau kerupuk, saat memasuki usia 50 tahun ada baiknya Anda menggantinya dengan berbagai jenis kacang-kacangan. Anda bisa mengonsumsi kacang kenari, almond, hazelnut, kacang tanah, atau apapun jenis kacang yang Anda suka.

Kacang sangat kaya akan protein, asam lemak omega-3, serta antioksidan, vitamin, dan mineral. Dimana nutrisi ini semua dapat membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan berat badan, mengurangi peradangan, mencegah serangan jantung, stroke, dan membantu pencernaan.

Salmon

Tidak hanya sayur dan buah-buahan, Anda bisa mengonsumsi jenis ikan saat di usia 50 tahun dan di atasnya. Salah satu ikan yang bisa Anda konsumsi adalah salmon. Merupakan makanan yang sangat enak, ramah terhadap jantung, kaya akan asam lemak omega-3 esensial dapat memabntu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Selain itu, juga baik untuk otak, kulit, penglihatan, dan dapat membantu mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam salmon seperti vitamin B6, B12, D, dan selenium, potassium, dan kolin.