Bangun dan berolahraga pagi adalah hal yang lumayan sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, apalagi setelah tidur nyenyak pada malamnya. 

Untungnya, ada makanan yang bisa kamu makan di pagi hari untuk energi yang dapat membantu menjalani hari agar tetap bertahan sepanjang hari. Meminum secangkir kopi adalah solusi cepat yang bagus, tetapi jika kamu seseorang yang sensitif terhadap kafein, secangkir kopi sering bukan ide terbaik.

Keseimbangan makanan yang tepat adalah apa yang benar-benar dapat membuat perbedaan membuat tetap berenergi sampai waktu makan siang, kafein dapat membantu kamu bersemangat, tetapi itu bukan pengganti campuran nutrisi yang disediakan sarapan seimbang.

Dikutip dari Bustle, beberapa makanan dikenal bekerja untuk membuat kita tetap berenergi sehingga dapat lebih fokus dan merasa stabil sepanjang hari.

Baca juga: Sulit ‘Kumpulin Nyawa’ di Pagi Hari? 10 Aktivitas Ini Bisa Membantu

1. Telur dan daging rendah lemak
Daging tanpa lemak bisa jadi pilihan terbaik sebagai makanan sumber energi tinggi, misalnya saja dada ayam tanpa kulit, kalkun, ikan, atau potongan tenderloin daging sapi. Meski namanya tanpa lemak, jangan salah daging-daging ini masih mengandung sedikit lemak dengan jumlah aman. Ingat, lemak tetap dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya serta menjaga sel dan organ tetap dalam keadaan baik.

Selain itu, telur juga bisa jadi pilihan. Walaupun begitu, tetap perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Proses terbaik untuk memasak daging rendah lemak dan telur adalah dengan merebusnya. Untuk variasi, kamu juga bisa memanggangnya namun tanpa tambahan saus atau sumber lemak lain seperti minyak dan mentega.

2. Ikan 
Ikan yang baik untuk dijadikan makanan sumber energi tinggi adalah ikan salmon. Ikan jenis ini kaya akan omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak. 

Omega 3 juga berfungsi sebagai lemak esensial. Lemak jenis ini tidak bisa diproduksi di tubuh manusia, sehingga butuh didapatkan dari makanan yang Anda makan. 

3. Yogurt
Yogurt merupakan sumber protein yang tinggi. Protein penting untuk pembentukan otot dan akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, yoghurt juga punya probiotik yang akan meningkatkan kesehatan usus serta otak, sehingga bisa meningkatkan mood kamu lho. Tentu dengan meningkatnya mood, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas yang super padat.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang baik. Contohnya adalah kacang kedelai yang dibuat menjadi tempe. Selain itu, kacang-kacangan juga punya magnesium yang berfungsi untuk produksi energi dan membantu tubuh menjalankan fungsi seperti mengontrol kadar gula darah dan fungsi otot. 

Orang yang sedang dalam kondisi membutuhkan magnesium akan membutuhkan oksigen lebih banyak. Bahkan, detak jantung mereka bisa meningkat hingga 10 detak dalam satu menit. Itu berarti tubuh harus bekerja ekstra keras untuk menjalani aktivitas.

5. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat serta serat, yang keduanya dicerna secara perlahan, Ini akan membuatmu merasa lebih kenyang lebih lama serta membantu menjaga gula darahmu stabil sepanjang pagi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dapat memberi kamu lebih banyak energi daripada diet kaya lemak jenuh, jadi teruskan dan makan roti alpukat itu daripada minum cappuccino di pagi hari. 

6. Air
Kamu bisa makan semua makanan yang diinginkan, tetapi tanpa cairan yang cukup, kamu tidak akan pernah merasakan yang terbaik. 

“Dehidrasi menyebabkan kelelahan dan dapat dihindari dengan menghidrasi dengan air,” ujar Beth Warren, RD. Studi dari Research Institute of Environmental Medicine. 

Menemukan bahwa dehidrasi yang paling ringan sekalipun dapat menyebabkan kelelahan, jadi pastikan tubuh kamu mengisi H20 hal pertama di pagi hari.

bandar qq