Teknologi telah mengubah cara kita dalam menjaga kesehatan.
Kini, lebih mudah bagi kita untuk mengakses info kesehatan dibanding sebelumnya, seperti tips makanan apa saja yang harus dimakan, cara menjaga kebugaran tubuh, dan sebagainya. Info tersebut bisa kita dapat dari internet seperti article dan social media, atau bahkan kini telah terdapat aplikasi yang bisa membantu kita untuk bisa menjalani hidup dengan sehat, seperti aplikasi yang memandu kita untuk melakukan olah raga yang benar dan penghitungan kalori bagi yang sedang menjaga pola makan. Dan bahkan kini sudah ada jam tangan pintar seperti Apple Watch yang dapat memantau aktifitas kita sehari-hari.
Tetapi di luar itu, apakah kamu tau bahwa terdapat teknologi kesehatan lainnya yang dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih baik?
Berikut, adalah 5 teknologi kesehatan canggih yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Pelatihan Virtual Reality (VR)

Quote:

5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Menurut Digital Authority Partners, salah satu teknologi perawatan kesehatan paling luar biasa yang tersedia di pasaran saat ini adalah pelatihan dokter spesialis melalui modul realitas virtual. Tentu kita semua tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melatih seorang dokter, dan latihan serta ujian tanpa akhir yang harus mereka lalui sebelum mereka memenuhi syarat untuk melakukan operasi penyelamatan jiwa.
Seiring waktu berjalan, pelatihan tersebut bisa jadi semakin mahal, baik bagi siswa maupun lembaga pendidikan yang harus berinvestasi untuk melatih dokter muda.
Merek farmasi terkemuka Johnson & Johnson (J&J) mengubah cara dokter berlatih dengan memanfaatkan teknologi Medical Virtual Reality (VR).
Selain di rancang untuk game dan hiburan semata, teknologi kesehatan canggih ini juga ternyata bisa digunakan untuk pelatihan kedokteran lho.
J&J telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk merancang dan mengembangkan simulator VR interaktif baru yang saat ini memiliki 3 modul pelatihan yang dirancang untuk membantu operasi ortopedi. Dokter dapat belajar bagaimana melakukan penggantian pinggul total, penggantian lutut total, dan operasi patah tulang pinggul dengan menggunakan teknologi VR.
Laporan awal menunjukkan bahwa 80% ahli bedah yang telah mencoba teknologi ini ingin menggunakannya untuk pelatihan mereka sendiri, dan 92% di antaranya akan merekomendasikan teknologi ini kepada rekan mereka sesama dokter.
Ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa yang akan menurunkan biaya pelatihan rekrut baru, dan meningkatkan efisiensi serta keamanan operasi pada skala global.

2. Percetakan Tulang 3D

Quote:

5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Penggunaan 3D print telah dijadikan sebagai solusi untuk menghemat waktu dan uang selama proses produksi, seperti contohnya kini telah ada 3D printing untuk membangun rumah dan gedung lho. Di tambah lagi, biaya peralatan pencetakan 3D kini telah turun secara signifikan. Kini kamu sudah bisa membeli 3D printer dengan harga di bawah 3 jutaan di tokopedia.
3D printing sudah dimanfaatkan oleh perusahaan mobil, bisnis action figure, hingga arsitek untuk memamerkan karya-karyanya. Terus, bagaimana dengan di industri kesehatan?
Nah, Universitas Arizona kini telah berhasil membuat pencetakan tulang 3D menjadi kenyataan lho, dan berharap bahwa bioprinting 3D akan menjadi solusi bagi pasien yang mengalami patah atau kehilangan segmen tulang dalam beberapa dekade mendatang.
Tentu untuk saat ini kamu belum bisa mencetak tulang baru setiap kali kakimu patah, tetapi dalam beberapa keadaan, pencetakan 3D menawarkan ketepatan dan kecepatan yang dibutuhkan untuk merawat pasien ketika mereka membutuhkan cangkok tulang baru, di mana teknologi kesehatan canggih ini dapat membantu veteran dan pasien yang cedera untuk hidup lebih layak dan lebih aktif.

3. Deteksi Sleep Apnea

Quote:

5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Seattle telah mengembangkan sensor baru, yang dirancang untuk mendeteksi sleep apnea. Teknologi kesehatan canggih seperti Beddr dapat merevolusi tidur dengan cara seperti Apple Watch dan FitBit telah merevolusi olahraga dan pemantauan kesehatan.
Aplikasi ini menilai tidur pada malam hari, menawarkan pelatihan dan dukungan yang dipersonalisasi, dan membantu pengguna menemukan posisi tidur terbaik mereka. Aplikasi ini dapat menginformasikan pilihan gaya hidup seperti stres, alkohol, dan obat-obatan, dan memungkinkan pengguna untuk melihat informasi tentang kesehatan jantung mereka, memberikan analitik prediktif untuk mengoptimalkan tidurmu.
Dengan bantuan produk baru ini, pengguna dapat terbangun dengan segar dan penuh semangat setiap harinya, dan diberi tahu tentang masalah seperti sleep apnea yang bahkan mungkin tidak mereka ketahui sebelumnya.

4. Lengan Robot, Teknologi Kesehatan Canggih yang Telah Lama di Idamkan Oleh Banyak Orang

Quote:

5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Teknologi kesehatan canggih lainnya yang mungkin belum kamu ketahui adalah lengan robot. Akhir tahun lalu, seorang pria di Florida menjadi yang pertama di dunia yang mendapatkan lengan yang dapat dikendalikan oleh pikiran. Tidak diragukan lagi teknologi canggih ini akan mengubah kehidupan banyak orang. Lengan robot ini sungguh luar biasa karena dapat bergerak secara alami, dimana ini merupakan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya yang merevolusi prosthetics.
Ada beberapa kelemahan dari teknologi ini. Tidak hanya harganya sangat mahal, tetapi masih dalam masa pertumbuhan dan efek jangka panjang dari penggunaan teknologi ini tidak diketahui. Misalnya, Jonny tidak bisa membasahi lengannya, dan ia tidak diizinkan mengemudi saat memakainya, tetapi manfaatnya lebih besar daripada ketidaknyamanan kecil ini.

5. Alexa Sang Perawat Pasien
Quote:

5 Teknologi Kesehatan Canggih yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Terakhir, mari kita beralih ke asisten cerdas.  Alexa kini telah menjadi salah satu asisten paling canggih di dunia hanya dalam beberapa tahun, dan kini para peneliti menggunakan teknologi kesehatan canggih ini untuk membantu pasien tetap patuh. Ambrosia Systems telah meluncurkan keterampilan Alexa baru yang dirancang untuk membantu penderita diabetes mendapatkan akses ke pembacaan kadar glukosa mereka dalam sekejap.
Dengan lebih banyak inovasi dan lisensi yang tepat, Amazon bisa menjadi pemain kunci di pasar perawatan kesehatan, menggunakan Alexa dan IP lainnya untuk memberikan layanan kesehatan kecerdasan buatan dan akses profesional medis.
Perusahaan ini telah mencoba-coba membuka divisi perawatan kesehatan, setelah setuju untuk memperoleh PillPack, sebuah bisnis farmasi online yang dilisensikan untuk memberikan obat kepada pasien di seluruh AS.

bandar qq