bandar qq – Jika Anda ingin menyimpan makanan di lemari dapur dalam waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun, ketahuilah jenisnya terlebih dahulu. Sebab tak semuanya masih layak untuk dimakan.

Di dunia ini, ada banyak jenis makanan yang masih layak konsumsi dan ternyata tidak akan pernah bisa kedaluwarsa. Sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Madu

Madu merupakan makanan yang benar-benar tidak akan pernah kedaluwarsa.

Segentong madu pernah ditemukan di pot tanah liat yang dikubur dalam tanah. Konon, madu ini berasal dari zaman Mesir kuno. Ketika diuji, cairan yang dihasilkan dari lebah ini masih mempunyai rasa yang manis dan enak, meski ribuan tahun disegel.

Rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu, madu juga bersifat asam, sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

Di satu sisi, madu juga dikenal sebagai “makanan super” karena banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Tingginya kadar antioksidan dalam madu mampu membantu menyingkirkan batuk, dan bahkan telah terbukti membantu menyembuhkan luka dan luka bakar.

2. Susu Bubuk

Umumnya, susu sapi asli hanya bertahan sekitar dua minggu ketika disimpan di lemari es. Namun tidak halnya dengan susu bubuk.

Susu kering penuh lemak mampu bertahan 2 hingga 5 tahun, sedangkan susu kering tanpa lemak bisa bertahan hingga 25 tahun.

Namun Anda harus menyimpannya di lokasi yang sejuk dan kering. Susu basi atau kedaluwarsa biasanya akan berbau tak sedap ketika kemasannya dibuka.

Harap diingat bahwa ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk, bukan susu formula kering, yang hanya bertahan selama satu tahun.

Jangan mencoba memberikan susu formula yang kedaluwarsa kepada bayi atau anak kecil, karena mungkin memiliki beberapa konsekuensi serius.

3. Pasta Kering

Perlu diingat bahwa pasta kering mampu bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Tiga tahun adalah waktu yang sangat lama untuk menjaga makanan tetap higienis, terutama jika rasanya lezat, seperti penne atau makaroni.

Namun, tahukah Anda bahwa umur simpan makaroni dan pasta kering dapat diperpanjang hingga 8 hingga 10 tahun jika tertutup rapat, dan disimpan di wadah yang sejuk dan kering?

Sedangkan untuk saus tomat atau saus kalengan, umur simpannya yang belum dibuka hanya 18 hingga 24 bulan.

4. Kopi Instan

Pecandu kafein disebut amat beruntung, karena kopi instan dapat bertahan 2 hingga 20 tahun pada suhu kamar. Jika Anda menyimpannya di lemari es atau freezer, kopi bisa benar-benar bertahan seumur hidup Anda.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi instan bergranula, jangan khawatir karena ini mampu bertahan sekitar 2 tahun pada suhu udara, dan akan bertahan selamanya jika Anda menyimpannya di tempat yang sejuk.

Sementara itu, kopi bubuk dengan krim berumur hanya 18-24 bulan

5. Beras Putih

Beras merah konon jauh lebih sehat dan bergizi, tetapi hanya akan bertahan selama 4 hingga 6 bulan sebelum kualitasnya memburuk.

Sedangkan untuk beras putih, saat disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun.

Beberapa orang berspekulasi bahwa jika beras putih disimpan di lemari es atau freezer, makanan pokok orang Indonesia ini bisa tetap segar selamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here