Rasa panas terbakar di tangan akibat makan sambal atau biasa disebut orang Jawa sebagai ‘wedangen’ merupakan keseharian bagi pecinta makanan pedas. Rasa terbakar yang menempel di tangan membuat mereka bergerak sangat hati-hati karena takut tertular jika menyentuh bagian tubuh lain.

Dalam kondisi tangan terbakar ini, bahkan menggaruk hidung yang gatal dan berkeringat saja tantangannya sudah sangat menakutkan. Belum lagi untuk menggaruk bagian tubuh lain seperti perut atau mata.

Sering kali, walau sudah mencuci tangan berkali-kali namun rasa terbakar di tangan ini tak kunjung hilang juga. Dilansir dari eHow, berikut cara untuk menghilangkan rasa panas di tangan ini.

Sabun cuci piring

Penawar panas satu ini sangat musah dijumpai dan langsung dapat dipraktikkan. Kombinasikan sabun dengan air hangat lalu gosok sela-sela jari secara merata untuk memastikan rasa terbakar di tangan sudah betul-betul hilang.

Alkohol

Walaupun tanganmu terasa seperti terbakar, memberi alkohol tak berarti malah membesarkan panasnya namun justru mampu mendinginkan tangan. Mendinginkan tangan dengan alkohol ini dapat membuat rasa panas akibat cabai sirna secara sempurna.

Saus tomat

Cara ini mungkin cukup mahal dibanding yang lain namun perlu dicoba jika kamu sekaya anak sultan. Rendam tangan kamu dalam saus tomat selama 15 menit untuk menghilangkan rasa panas ini kemudian cuci hingga bersih.

Garam

Melumuri tangan dengan garam dapat menghilangkan sensasi panas terbakar pada tangan. Jangan lupa kemudian bilas tangan dan bersihkan dari sisa-sisa garam yang menempel di jemari.

Susu

Baik dalam bentuk susu segar maupun yoghurt, kandungan yang ada di dalamnya dapat menetralkan rasa pedas cabai. Biasanya cara ini dipilih untuk menghilangkan rasa cabai di mulut namun jika kamu memang mau bermewah-mewah seperti anak sultan maka cara ini bisa kamu coba juga di tangan.

Lima bahan itu bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa panas terbakar akibat cabai. Namun untuk lebih mudahnya, jika tanganmu memang sensitif, lebih baik makan sambal atau cabai menggunakan sendok dan garpu saja.

bandar qq