Meski memasuki tahun yang baru, ternyata masalah dompet yang menipis sudah mengerak dan akan selalu ada. Oh, no!Gajian masih lama dan isi dompet tinggal kartu saja, yang kebetulan juga sudah kosong. Siapa yang mengalami masalah ini? Mau kami beri bocoran untuk bisa melewati tanggal tua dengan cerdas? Ikuti 4 cara ini!

1. Bawa bekal dari rumah
Supaya tidak keluar uang untuk jajan sore, cobalah bawa bekal makanan dari rumah. Anda bisa masak sendiri dengan bahan yang ada. Olah dengan cara yang menarik supaya Anda juga bersemangat untuk memakannya. Kalau di kantor Anda dapet makan siang, bungkus untuk lauk makan malam. Tidak usah malu, bukan hanya Anda yang bungkus, kok.

2. Jajan potluck
Kalau biasanya Anda selalu jajan setiap sore, coba diakali caranya saat tanggal tua datang. Anda bisa beli jajanan yang berbeda dengan teman-teman Anda. Masing-masing porsinya sedikit saja supaya tidak keluar uang banyak. Saling cicip satu sama lain, supaya keinginan jajan Anda tetap terpenuhi.

3. Manfaatkan promo
Para penjual makanan tahu kalau tanggal tua Anda sudah tidak punya banyak uang. Mereka jadi tidak segan memberikan bermacam promo murah dan menarik. Manfaatkan itu, ya!

4. Bongkar celengan cadangan Anda
Anda pasti punya celengan cadangan, kan? Jangan bilang Anda tidak punya. Wah, itu adalah penyelamat hidup di kala tanggal tua. Kalau tidak punya, buatlah dari sekarang. Isi saja kaleng bekas biskuit Anda di rumah atau beli yang harganya murah. Isi dengan kembalian jajan Anda setiap hari. Dibukanya ketika keadaan benar-benar mendesak saja, kalau tidak butuh sekali, ya, jangan dibuka.