Pria dan perempuan memiliki banyak perbedaan, salah satunya adalah cara tidur. Untuk kamu yang sudah berpasangan, apa kamu juga merasakan hal yang sama?

Perempuan cenderung tidur lebih awal, sedangkan kaum pria bisa begadang dan tetap bangun dengan segar, benar? Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama cara tidur antara pria dan perempuan.

1. Perempuan membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur

Perempuan lebih mahir dalam multitasking, daripada kaum pria. Karena hal inilah, perempuan membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, karena otak mereka membutuhkan waktu untuk pulih. Perbedaannya adalah sekitar 20 menit lebih lama daripada waktu tidur kaum pria.

2. Perempuan lebih suka tidur lebih cepat

Selain itu, perempuan cenderung bangun lebih awal. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ritme sirkadian.

Perempuan memiliki siklus sirkadian yang rata-rata lebih pendek 6 menit. Karena perbedaan itulah, perempuan biasanya pergi tidur dan bangun lebih awal.

3. Insomnia lebih umum terjadi pada kaum perempuan

Sleep apnea lebih sering terjadi pada pria. Sekitar 4% pria mengalami sleep apnea, dibandingkan dengan kaum perempuan yang hanya 2%. Namun, perempuan lebih mungkin mengalami insomnia.

4. Perempuan tidur lebih dalam dibandingkan pria

Ya, selain membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, kaum perempuan juga bisa memiliki tidur yang lebih dalam, dibandingkan kaum pria. Perempuan yang tidak memiliki keluhan tidur cenderung lebih tahan terhadap penyebab stres eksternal.