1. Kosovo

4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa

Negara pertama di list ini merupakan suatu wilayah yang terletak di Eropa Tenggara. Wilayah ini bernama Kosovo. Kosovo menjadi salah satu daerah “terpanas” di benua Eropa. Sering terjadi perlawanan dari masyarakat dari daerah Kosovo ini terhadap negara yang memiliki daerah Kosovo saat ini yaitu Serbia. Kosovo adalah daerah mayoritas Islam yang berada di dalam Serbia. Dari beberapa sumber, sudah banyak pemberontak asal Kosovo yang dipenjara bahkan dihukum mati oleh Serbia karena ingin memisahkan diri. Seorang menteri Serbia juga pernah ditembak mati ketika berkunjung ke Kosovo. Status wilayah ini saat ini termasuk “disengketakan”. Di satu sisi 103 negara telah mengakui kedaulatan negara ini, namun Serbia juga masih mengkalim dengan kuat bahwa Kosovo belum merdeka dan masih menjadi milik mereka. Ibukota dari Kosovo adalah Prstina dan Kosovo sendiri memiliki 1,9 Juta Penduduk.

2. Transnistria

4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa

Negara kedua di list ini masih terletak di daerah Balkan. Wilayah ini bernama Transnistria. Transnistria kini merupakan wilayah milik negara Moldova. Namun, wilayah ini memilih untuk memisahkan diri dari Moldova. Tapi, Transnistria ini juga belum diakui sebagai negara dan masih termasuk wilayah Moldova. Hal unik dari Transnistria ini adalah, negara ini memakai sistem Komunisme sebagai ideologi negara. Transnistria juga menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa utama, berbeda dengan negara pemilik wilayah ini yaitu Moldova. Berbeda dengan Kosovo, sampai saat ini belum ada satu negara pun yang mengakui kedaulatan Transnistria.

3. Nagorno Karabakh

4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa

Berikutnya di nomor tiga juga ada wilayah “panas” di perbatasan Eropa dan Asia. Wilayah ini bernama Nagorno Karabakh. Nagorno Karabakh adalah wilayah yang terletak di perbatasan Eropa dan Asia. Sama seperti Kosovo, Nagorno Karabakh juga menjadi salah satu tempat “terpanas” di Eropa karena masih menjadi wilayah sengketa. Nagorno Karbakh sebenarnya merupakan wilayah yang diperebutkan oleh dua negara. Armenia dan Azerbaijan sama sama mengklaim bahwa Nagorno Karabakh merupakan wilayah dari negara mereka masing masing. Namun, negara Nagorno Karabakh sendiri malah berusaha berdiri sendiri. Namun, negara ini juga masih berstatus sengketa dan belum diakui sebagai negara. Meskipun ada 3 negara yang mengakui kedaulatannya. 

4. Northern Cyprus

4 Negara Yang Belum Merdeka Di Eropa

Dan negara terakhir di list ini juga merupakan negara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia. Wilayah ini bernama Siprus Utara. Sebenarnya, Siprus Utara masih merupakan bagian dari negara Siprus, namun mereka ingin memisahkan diri. Siprus dan Siprus Utara sendiri memang memiliki perbedaan yang mencolok. Siprus memiliki budaya Yunani dan Kristen Orthodox yang sangat kental. Sementara Siprus Utara memiliki mayoritas rakyat beragama Islam dan berbudaya mirip Turki. Perbedaan budaya dan agama yang cukup drastis ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Siprus Utara ingin memisahkan diri. Namun, sayangnya negara ini belum merdeka hingga kini dan masih menjadi bagian dari Siprus karena hanya ada 1 Negara yang mengakui kedaulatannya yaitu Turki. bandar qq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here