Napas tak sedap merupakan masalah yang muncul ketika kita melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan. Untuk menghindari munculnya masalah ini, terdapat sejumlah hal yang bisa kita lakukan.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDA, selaku pakar kesehatan gigi dan mulut pun membagikan trik menghindari bau tak sedap saat berpuasa Ramadan. Dia mengungkap bahwa terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya bau mulut ini.

1. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Sikat gigi sehabis sahur, sebab bakteri akan senang bila ada sisa makanan di mulut kita, alhasil jadi bau mulut, ujarnya dalam acara Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019, di Jakarta.

Setelah taraweh pun jangan lupa untuk sikat gigi. Dan jangan lupa untuk menyikat lidah kita sebab bakteri banyak terdapat di lidah.

Kandungan pasta gigi yang mengandung sirih dan garam yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Dan jeruk nipis yang dapat membuat mulut tetap segar bisa menjadi pilihan, tambahnya.

2. Berkumur

Berkumur bisa dilakukan ketika berwudhu, tapi jangan sampai terminum. Cara ini bisa digunakan untuk menyegarkan kembali mulut saat tengah berpuasa.

3. Hindari Minuman dan Makanan Penyebab Bau Mulut

Kurangi minum yang dapat dehidrasi seperti kafein, mengandung gula yang terlalu manis. Serta perbanyak makan serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Makan berserat dapat merangsang liur. Pokoknya hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, jelasnya.

4. Konsumsi Kurma

Kurma mengandung serat, kalsium, dan floride yang bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Minimal makan tiga kurma untuk mendapat manfaat baik darinya pada kesehatan mulut.

Empat hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya bau mulut ketika berpuasa. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa tetap fokus berpuasa dan tak khawatir dengan bau mulut.