Renjanaberkata.com
Usia bukan halangan, contoh nyata mereka yang bisa sukses di bidangnya masing-masing


Usia muda memang menjadi kesempatan emas untuk mengukir prestasi lewat berbagai hal yang positif. Salah satunya di bidang yang pendidikan yang akhirnya melambungkan sosok pria bernama Rendra Panca Anugraha. Dilansir dari its.ac.id, mahasiswa yang berasal dari Departemen Teknik Kimia ITS itu resmi menjadi Doktor Termuda di Indonesia pada 24 tahun.
Sebagai negara yang besar, Indonesia sejatinya kaya akan talenta-talenta muda yang berbakat. Bahkan, mereka yang dikaruniai kecerdasan di atas rata-rata ini banyak menorehkan prestasi hingga ke tingkat global. Tak heran jika masyarakat asing menaruh hormat dan merasa segan dengan keberadaan mereka. Siapa saja kaum muda berprestasi tersebut? Simak ulasan berikut.

Hebatnya ‘dokter sampah’ asal Indonesia yang sempat berdiskusi dengan Presiden Rusia
Semasa masih menjadi mahasiswa, Gamal Albinsaid beserta teman-temannya di Malang, Jawa Timur, mendirikan Klinik Asuransi Sampah yang kelak membesarkan namanya. Dari Dilansir dari bbc.com, ia meraih banyak penghargaan internasional berkat inovasinya yang terbilang unik itu.

Salah satunya adalah menjadi penerima penghargaan pertama Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards, di Inggris pada awal 2014 yang diserahkan langsung oleh Pangeran Charles. Tak hanya itu, ia bahkan sempat berdiskusi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang memintanya untuk mengembangkan inovasinya dengan para pemuda dari negara-negara lain.


Wanita jenius Audrey Yu Jia Hui yang berhasil menjadi sarjana fisika di AS
Nama Audrey Yu Jia Hui tak banyak dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Meski demikian, sosoknya bisa dibilang merupakan salah satu talenta emas yang bisa menjadi aset bangsa di masa depan. Laman liputan6.com menuliskan, ia telah mengambil tes SAT, semacam ujian nasional di Amerika Serikat pada usia 11 tahun.

Jenjang SMA-nya pun hanya dilewati sekitar 1 tahun saja. Hebatnya lagi, wanita yang masuk sebagai salah satu dari 72 ikon berprestasi Indonesia ini berhasil masuk ke The College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat di jurusan fisika pada usia 13 tahun. Bisa dibilang, dirinya mampu menyelesaikan pendidikan formal hanya dalam waktu yang singkat.
Rendra Panca Anugraha jadi Doktor termuda Indonesia di usia 24 tahun
Nama Rendra Panca Anugraha baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di dunia mayalantaran raihan prestasinya yang begitu cemerlang. Dikutip dari laman its.ac.id, pemuda kelahiran Bondowoso, 25 November 1994 berhasil lulus dan menjadi doktor termuda di usia 24 tahun 4 bulan.

Hebatnya, Rendra hanya butuh waktu 3,5 tahun saja untuk menyelesaikan pendidikannya tersebut. Selama kurun waktu itu pula, mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS) di Departemen Fisika itu berhasil melakukan publikasi penelitian di tiga jurnal ilmiah internasional bereputasi, serta dua seminar internasional.