Anda mungkin jadi serba salah saat mengalami gatal di area selangkangan (Jock itch). Anda ingin segera menggaruknya, tapi tentu saja Anda sungkan melakukannya jika sedang di tempat umum.  Kalau tidak digaruk, Anda semakin merasa tidak nyaman, bukan? Lantas, adakah cara mengobati gatal di selangkangan? Simak penjelasannya berikut ini.

Beragam cara ampuh mengobati gatal di selangkangan

Pada dasarnya, masalah gatal di selangkangan dapat diobati dengan perawatan di rumah. Masalah gatal tersebut sering disebabkan oleh jamur (Tinea Inguinalis). Namun, jika gejalanya tak kunjung hilang selama lebih dari dua minggu, maka sudah saatnya Anda menggunakan obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter.

Berikut ini cara mengobati gatal di selangkangan yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Pakai krim topikal

Cara mengobati gatal di selangkangan bisa diawali dengan penggunaan krim, losion, atau bedak antijamur yang dijual bebas di pasaran. Obat-obatan topikal ini dapat membantu meredakan sensasi gatal di selangkangan dalam 2 sampai 4 minggu.

Contoh obat-obatan topikal tersebut di antaranya:

Sebaiknya, hindari menggunakan obat topikal berbentuk salep. Pasalnya salep mengandung minyak yang dapat meningkatkan kelembapan di area selangkangan. Alih-alih meredakan gatal, hal ini justru bisa memperparah gejala.

Jika Anda bingung harus pilih krim atau losion, Anda bisa membandingkan keduanya di artikel ini.

2. Minum obat oral

obat sakit gigi

Jika krim topikal tak juga meredakan gatal di selangkangan, ini bisa jadi pertanda bahwa infeksi di selangkangan Anda sudah meluas. Dokter biasanya akan meresepkan sejumlah obat oral untuk mengurangi gatal-gatalnya, misalnya itraconazole (Sporanox®) atau fluconazole (Diflucan®).

Sama seperti jenis obat lainnya, obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu Anda perhatikan. Efek samping tersebut dapat berupa sakit perut atau sakit kepala.

Jika Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat lain yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

3. Pastikan area selangkangan selalu kering

penyebab selangkangan gatal

Obat-obatan yang telah disebutkan di atas memang dapat mengobati gatal di selangkangan. Namun, semua usaha yang Anda lakukan ini bisa sia-sia kalau Anda tetap membiarkan kulit selangkangan tetap lembap.

Maka itu, selalu jaga area selangkangan tetap kering untuk mencegah pertumbuhan jamur. Hindari memakai celana dalam ketat supaya tidak memperparah iritasi di area selangkangan Anda. Selain itu, pastikan Anda rutin mengganti celana dalam setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

bandar qq