JAKARTA – Rumah tangga pasangan Novita Angie dan Sapto Haryo Rajasa selama hampir 18 tahun hampir tak pernah diterpa isu miring. Keduanya nampak bahagia berjalan beriringan, meski ada perbedaan yang tidak bisa dikatakan cukup ringan di dalamnya.

Perbedaan agama dalam rumah tangga Novita Angie dan suami, rupanya tak pernah membuat pasangan ini bertengkar. Apalagi menurut Novita Angie, sejak kecil dirinya sudah dibekali dengan dasar-dasar toleransi.

“Saya jarang berantem soal agama, berantem karena ya biasa. Dari kecil diajari Bhinneka Tunggal Ika. Saya diajari basicnya toleransi kok,” jelasnya.

Memiliki dasar toleransi, membuat wanita 43 tahun ini sadar bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang dekat dengan perpecahan. Justru lewat perbedaan, dirinya belajar untuk bisa bersatu.

“Perbedaan itu bukan alasan perpecahan. Bukan alasan sesuatu enggak bisa bersatu. Kebetulan jalan hidup saya begini,” timpalnya.

Selain toleransi, tentu ada beberapa hal lain yang menjadi kunci langgengnya rumah tangga wanita yang kini telah memiliki dua anak tersebut. Ia mengatakan bahwa kunci penting langgengnya rumah tangga ialah komunikasi, rasa percaya, dan saling mengerti.

“Komunikasi, pengertian dan percaya. Dua penting komunikasi dan trust,” pungkas Novita Angie.