renjanaberkata
Bacaan Umum

12 Titans ( Mitologi Yunani )

Titans yang perkasa adalah ras yang kuat yang memerintah dunia sebelum Olympian, di masa keemasan Manusia. Mereka adalah raksasa abadi dengan kekuatan luar biasa dan pengetahuan tentang ritual dan sihir agama kuno. Mereka juga dikenal sebagai Dewa Tetua dan tempat tinggal mereka di Gunung Othrys. Dalam budaya Yunani mereka ditafsirkan sebagai personifikasi bumi (Gaea) dan langit atau heavens (Uranus).

Generasi pertama Titans adalah keturunan Gaea dan Uranus yang awalnya melahirkan 12 Titans, enam pria dan enam wanita. Laki-laki adalah Coeus, Cronus, Crius, Hyperion, Iapetus dan Oceanus sementara perempuan adalah Mnemosyne, Phoebe, Rhea, Theia, Themis, Tethys. 

 

Coeus (Koios, Polos)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Coeus adalah dewa intelijen dan berpandangan jauh ke depan, yang berarti bahwa, karena pikirannya yang ingin tahu dan keinginan untuk belajar, dia dengan pengetahuan dan pemahaman yang didapat mampu melihat melampaui yang sudah jelas. Ia juga diidentifikasi sebagai dewa kebijaksanaan dan oracle surgawi. Coeus juga dikenal sebagai Pilar kutub utara di mana rasi bintang berputar dan karena itu mengendalikan poros antara Langit dan Bumi. Bersama dengan tiga bersaudara lainnya Crius, Hyperion dan Iapetus, mereka memimpin sebagai Pilar untuk memisahkan Langit dan Bumi. Dia adalah salah satu dari enam putra Uranus dan Gaea dan disebutkan oleh Apollodorus sebagai salah satu dari lima bersaudara, semuanya kecuali Oceanus, yang berpartisipasi dalam pemberontakan melawan Uranus dan kemudian menyerangnya. Ketika mereka mengalahkannya, keempat saudara itu mungkin menahannya, sementara Cronus mengebiri dia. Nama latinnya adalah Polos atau Polus dan menurut Hyginus nama Coeus digunakan untuk raksasa bukannya titan. Mereka jelas dua karakter yang berbeda yang disebutkan oleh tidak hanya Hyginus, tetapi juga oleh Virgil, penulis latin lain.

 

Crius (Krios, Ram, Aries)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Crius adalah dewa Titan konstelasi surgawi dan juga dikenal sebagai Pilar kutub selatan. Crius, yang berarti "Ram", sering disebut sebagai awal musim dari tahun Yunani, karena rasianya disebut Aries yang saat ini berarti awal musim semi. Bersama dengan tiga bersaudara lainnya Coeus, Hyperion dan Iapetus, mereka memimpin sebagai Pilar untuk menahan Langit dan Bumi terpisah. Dia adalah salah satu dari enam putra Uranus dan Gaea dan disebutkan oleh Apollodorus sebagai salah satu dari lima bersaudara, semuanya kecuali Oceanus, yang berpartisipasi dalam pemberontakan melawan Uranus dan kemudian menyerangnya. Ketika mereka mengalahkannya, keempat saudara itu mungkin menahannya, sementara Cronus mengebiri dia. Menurut Pausanias, Crius adalah ayah dari Python, naga yang dibunuh oleh Apollo, dan juga terkait erat dengan pulau Euboea. Penulis bahkan menyebutkan dua sungai setelah titan.

 

Cronus (Kronos, Chronos, Saturn)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Cronus adalah dewa tuhan waktu dan usia dan, di atas segalanya, terkait dengan kekuatan destruktif waktu yang cepat atau lambat akan mengkonsumsi segalanya. Dia mewakili perubahan waktu, dari statusnya sebagai Raja Zaman Emas ke tempatnya dipenjara di Tartarus, dan menurut Hesiod`s Works and Days dari Tartarus yang dipromosikan oleh Zeus untuk menjadi raja Kepulauan yang di berkati atau Elysian di suatu tempat di dunia bawah. Cronus menikah dengan saudara perempuannya Rhea dimana mereka mewakili "aliran abadi", karena mereka melahirkan dewa generasi baru, yang dikenal sebagai Dewa Olympian, yang kemudian menguasai dunia, seperti yang telah mereka lakukan di masa lalu. Menurut sebuah fragmen yang ditemukan dalam koleksi fragmen dari siklus Epik Yunani,

 

Hyperion

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Hyperion adalah dewa Titan cahaya atau sinar matahari dan dikaitkan dengan pengamatan dari atas. Ia juga dikenal sebagai Pilar timur. Bersama dengan tiga saudara laki-lakinya yang lain, Crius, Coeus, dan Iapetus, mereka memimpin sebagai Pilar untuk memisahkan Langit dan Bumi. Dia adalah salah satu dari enam putra Uranus dan Gaea dan disebutkan oleh Apollodorus sebagai salah satu dari lima bersaudara, semuanya kecuali Oceanus, yang berpartisipasi dalam pemberontakan melawan Uranus dan kemudian menyerangnya. Ketika mereka mengalahkannya, keempat saudara itu mungkin menahannya sementara Cronus mengebiri dia.

 

Iapetus (Japetus, Iapetus the Piercer)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Iapetus adalah dewa Titan dari rentang kehidupan fana atau dewa kematian. Dia memimpin timeline semua manusia. Julukannya, "The Piercer" atau "penindik", sebenarnya berarti bahwa ia datang untuk kehidupan fana dalam hal kekerasan. Dengan kata lain, ketika Iapetus memutuskan bahwa waktu seseorang telah habis, dia membawa kematian yang kejam kepadanya. Ia juga dikenal sebagai Pilar barat. Bersama dengan tiga bersaudara lainnya, Coeus, Hyperion dan Crius, mereka memimpin Pilar untuk memisahkan Langit dan Bumi. Dia adalah salah satu dari enam putra Uranus dan Gaea dan disebutkan oleh Apollodorus sebagai salah satu dari lima bersaudara, semuanya kecuali Oceanus, yang berpartisipasi dalam pemberontakan melawan Uranus dan kemudian menyerangnya. Ketika mereka mengalahkannya, keempat saudara itu mungkin menahannya sementara Cronus mengebiri dia.

 

Mnemosyne (Mnemosine, Juno Moneta, Memory)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Mnemosyne adalah dewi titan ingatan dan zikir. Dia dipercaya sebagai penemu pidato dan tulisan. Dalam Hesiod, Theogony, putrinya, Muses, digambarkan sebagai roh-roh yang memiliki raja dan penyair, yang disukai para dewa dan memberi mereka kekuatan khusus dari pidato dan kebijaksanaan yang berwibawa. Mnemosyne juga merupakan salah satu dari enam putri dewa purba Uranus dan Gaea di generasi pertama Titans. Mnemosyne juga dikenal sebagai ibu dari Muses dan mewakili kenangan dari cerita dan mitos yang tersimpan dalam sejarah sebelum penemuan tulisan.

 

Oceanus (Okeanos, Ocean)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Okeanos Oceanus adalah dewa Titan sungai besar yang disebut Okeanos yang diyakini melingkupi dunia dan menghubungkan dunia ini dengan alam lain, seperti alam surgawi dari mana para dewa datang dan dunia bawah tempat jiwa orang mati hidup. Dia adalah personifikasi dari semua air asin di dunia, lebih tepatnya Laut Mediterania, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia yang paling akrab dengan orang Yunani kuno pada saat itu, dan semua air tawar yang meliputi sungai, danau, sungai dan hujan. Oceanus awalnya adalah sumber dari semua air. Namun, ketika geografi menjadi lebih dikenal dan akurat untuk orang-orang Yunani, ia ditempatkan untuk mewakili perairan Atlantik dan Samudra Hindia yang lebih asing dan tidak dikenal sementara Laut Mediterania diperintah oleh dewa Poseidon yang lebih muda, dan sungai, air mancur, sungai dan air hujan dikontrol. oleh putra dan putri titan.

 

Phoebe (Phoibe)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Phoebe adalah dewi Titan kecerahan dan cahaya, sering dikaitkan dengan Selene (dewi bulan). Namun, dia tidak pernah disebut sebagai dewi bulan. Kesalahan penafsiran itu mungkin terjadi karena cucunya, Artemis, juga disebut Phoebe, setelah dia, sama seperti cucunya, Apollo, dipanggil Phoebus. Dan penulis latin semua mengacu Phoebe sebagai dewi bulan atau bulan itu sendiri, tetapi mereka jelas memiliki Artemis dalam pikiran melakukannya. Itulah mengapa Titaness sering salah diidentifikasi sebagai dewi bulan. Bagi orang-orang Yunani itu sangat sederhana dan jelas bahwa Selene adalah dewi yang benar. Roma di sisi lain terkait Artemis, Hera dan Selene ke bulan di antara yang lain, tetapi tidak menyebutkan tentang Titaness Phoebe. Namun, beberapa peneliti percaya bahwa Artemis (Diana, Phoebe) dikenal sebagai dewi bulan karena neneknya yang dia dapatkan namanya. Bagaimanapun, Phoebe agak diasosiasikan dengan para utusan, seperti saudaranya Themis dan ibunya, Gaea. Dia juga salah satu dari dua belas raksasa yang merupakan keturunan Uranus dan Gaea. Dia, seperti semua saudara perempuannya, tidak pernah terlibat dalam perang antara Titan dan dewa-dewa Olympian, dan terhindar dari dipenjara di Tartarus. Sebaliknya, ia mengambil tempatnya di oracle Delphi

 

Rhea (Rheia, Opis, Ops)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Rhea adalah dewi kesuburan dan ibu Titan. Dia sangat lembut dan nyaman. Namanya sebenarnya berarti "ease" atau "nyaman / kemudahan" dan karena itu ini mungkin alasan dia ditafsirkan dan dipuja sebagai dewi kenyamanan dan kemudahan. Menurut beberapa penulis, ia juga digambarkan sebagai dewi ibu tertinggi, sama seperti ibunya,Gaea dan apa yang kemudian kepada  putrinya yaitu Hera, tetapi dalam himne Orphic Rhea bahkan digambarkan sebagai dewi tertinggi, ibu dari semua dewa dan manusia. Dikatakan bahwa bahkan Uranus dan Gaea berasal darinya. Dan seolah-olah tidak ada kebingungan yang cukup, menurut berbagai penulis Rhea juga digambarkan sebagai dewi Cybelean yang rumahnya di Phyrgia yang berarti bahwa mereka menyamakannya dengan Cybelle, dewi bumi Anatolia, tetapi untuk kembali ke kepercayaan mainstream, yang didukung oleh kebanyakan penulis, Rhea adalah putri Uranus dan Gaea, dan karena dia menikah dengan kakaknya Cronus, dia juga ratu dari Cosmos. Bersama-sama mereka mewakili “aliran abadi” saat mereka melahirkan generasi baru dewa yang kemudian menguasai dunia, sama seperti mereka dan para dewa lainnya telah melakukannya di masa lalu. Karena itu dia juga diidentifikasi sebagai dewi generasi.

 

Tethys

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Tethys adalah dewi Titan dari semua air tawar di bumi. Dia adalah salah satu dari enam anak perempuan Uranus dan Gaea. Dia menikahi Oceanus (personifikasi dari semua air asin di bumi) dan, menurut Hesiod, mereka melahirkan tiga ribu Potamoi atau dewa sungai dan Oceanids, yang dikenal sebagai nimfa laut, sungai, danau, air mancur, dan rawa-rawa. Dia juga dipercaya untuk menyusui dan memberi makan anak-anaknya dengan mengambil air dari Oceanus melalui saluran bawah tanah dan juga merawat semua makhluk yang hidup di perairan seperti ikan, anjing laut dan lumba-lumba. Selama perang antara Titan dan dewa Olympian yang lebih muda, Tethys diyakini telah membesarkan Hera sebagai anak tirinya. Menurut Claudian dia juga dikatakan telah merawat Helios dan Selene. Dalam seni ia sering digambarkan dengan sepasang sayap kecil tepat di atas alisnya yang mungkin dia tidak hanya menjadi ibu dari sungai dan persediaan air segar lainnya tetapi juga sebagai ibu dari Nephelai (hujan-awan) dan Aurai ( angin) yang terkait dengan dewa Langit.

 

Theia (Thia, Thea, Euryphaessa)

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Theia atau Thea adalah dewi Titan yang bersinar, yang berasosiasi dengan cahaya menyinari, logam atau permata berkilau. Namanya yang lain Euryphaessa berarti "lebar-bersinar" dan karena itu dia terhubung dengan semua yang bersinar. Di Pindar`s Isthmian Odes, Theia digambarkan sebagai dewi bersinar setelah orang-orang menghormati emas sebagai objek bersinar yang paling kuat. Dia juga seorang dewi penglihatan, karena orang Yunani kuno percaya bahwa mata memancarkan sinar cahaya yang memungkinkan mereka untuk melihat apa yang mereka lihat. Dia adalah salah satu dari dua belas raksasa dan satu dari enam putri Uranus dan Gaea.

 

Themis

 

Inilah 12 titans [ Mitologi Yunani ]

 

Themis adalah dewi Titan hukum, tatanan, dan setelan. Dia adalah seorang putri dari Uranus dan Gaea dan merupakan pembawa pesan dari aturan perilaku yang paling pertama, yang didirikan oleh para dewa tua. Tempatnya berada di Oracle of Delphi di mana dia adalah salah satu utusan awal, kedua lebih tepat menurut Aeschylus. Dalam peran suara ilahi (themistes), ia pertama kali menginstruksikan hukum dasar keadilan dan moralitas kepada umat manusia. Beberapa di antaranya adalah ajaran kesalehan, aturan keramah-tamahan, tata pemerintahan yang baik, pelaksanaan perakitan dan berbagai persembahan kepada dewa-dewa. Themis juga dikenal sebagai konselor dari Zeus, menasihati raja dewa pada perilaku laki-laki. Bersama putrinya Dike (keadilan) dia akan melaporkan kepada Zeus.

 

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close