Bukan hanya dari segi fisik, perbedaan antara perempuan dan pria bisa dilihat dari pola pikir dan tindakannya masing-masing. Seperti yang dimuat di buku populer ‘Men Are from Mars, Women Are from Venus’ karya John Gray, baik pria dan wanita ternyata memiliki perbedaan yang bisa diteliti dari proses kognitif dan memori pada otak mereka. Apa saja perbedaan mendasar antara keduanya? Yuk, simak di tulisan ini.

*Perempuan pakai hati, pria lebih logis
Pasti Anda sering mendengar kalau perempuan saat mengambil tindakan lebih mengandalkan hati mereka dan mengabaikan hal-hal logis. Tak selamanya benar. Tapi memang saat dihadapkan pada masalah, selain alasan logis perempuan juga melibatkan hati sebagai salah satu penentu keputusan.

*Perempuan lebih ahli multitasking
Ini dia kenyataan pahit yang harus diterima setiap pria. Tapi pada kenyataannya perempuan memang lebih ahli multitasking. Kami bisa bekerja sekaligus mengurus rumah tangga dengan baik.

*Perempuan punya lebih banyak teman
Perempuan memang makhluk yang lebih sosial dibandingkan pria. Di kantor saja Anda bisa mengingat lebih banyak nama rekan kerja dan tak canggung bercakap-cakap dengan mereka. Bandingkan dengan pria yang biasanya hanya punya sedikit teman dan lebih memilih diam di rumah daripada bersosialisasi.

*Perempuan suka belanja, pria kurang suka
Berdasarkan pengamatan, perempuan memang gemar belanja. Belanja tak harus belanja baju, bisa saja belanja bahan-bahan makanan di supermarket. Bagaimana dengan pria? Biasanya mereka selalu menunda aktivitas belanja ini, terutama kalau belanjanya ditemani perempuan.

*Saat marah pria lebih banyak diam
Sementara perempuan lebih banyak berbicara dan ingin mendiskusikan segala hal yang menjadi akar pertengkaran. Bahkan bisa saja saat bertengkar, perempuan ikut mengungkit-ungkit masalah yang sudah lama terjadi.

*Pria menginginkan kekuasaan sebagai bukti kesuksesan
Saat ditanya apa arti kesuksesan, biasanya perempuan akan membalas kalau sukses itu berarti bisa mempunyai karier bagus dan rumah tangga yang sakinah. Lain lagi dengan pria yang lebih memilih simbol kekuasaan seperti mobil mewah, jabatan, dan uang sebagai bukti kesuksesan mereka.

*Perempuan mengandalkan intuisi
Intuisi perempuan adalah alat hebat yang dimiliki oleh perempuan. Menurut penelitian ilmiah, intuisi ini sebenarnya dibentuk karena perempuan lebih peka pada keadaan sekitar sehingga memupuknya di alam bawah sadar. Sedangkan pria cenderung lebih cuek sehingga sinyal-sinyal dari luar biasanya tak diacuhkan olehnya.

*Pria lebih ahli membetulkan barang
Mayoritas pria bisa dengan cepat belajar membetulkan barang atau membangun rak IKEA, hanya dengan melihat buku panduannya. Perempuan biasanya sudah terlebih dahulu khawatir sehingga membuatnya susah membetulkan barang.

9. Perempuan lebih baik bicara
Belum ada penjelasan ilmiah di balik pernyataan ini. Tapi sebuah survei menunjukkan kalau rata-rata percakapan telepon pria hanya 3 menit, sedangkan perempuan bisa tahan berbicara di telepon hingga 15 menit.

*Pria tak bisa mengobrol saat berhubungan intim, perempuan bisa!
Kami sering menulis pentingnya melakukan pillow talk dengan pasangan. Ternyata salah satu penyebabnya karena Anda sebagai perempuan jadi bisa menarik kejujuran dari pasangan. Dikarenakan keterbatasan pria melakukan multitasking, usai berhubungan intim pria jadi lebih jujur karena ia tidak bisa berkonsentrasi secara penuh. Jadi kalau Anda ingin mengorek rahasia pasangan, cara ini bisa ditiru, lho!